PEKANBARU – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memberikan peringatan dini tentang adanya potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Riau.

Forecaster BMKG Pekanbaru, Ahmad Agus Widodo mengatakan pada pagi hari diprakirakan cerah berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Rokan Hulu (Rohul), Pelalawan, dan Dumai.

Sementara itu, siang hingga sore hari diprakirakan cerah berawan dengan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Rohul, Rokan Hilir (Rohil), Kuansing, Pelalawan, Siak, Bengkalis, Dumai dan Pekanbaru.

"Kondisi ini berlanjut pada malam hari, berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian besar wilayah Riau," kata Ahmad di Pekanbaru, Jumat (30/9/2022).

Sedangkan, pada dini hari diprakirakan berawan dengan potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah wilayah Riau.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Bengkalis, Rohil, Rohul, Kampar, Siak, Kuansing, Kepulauan Meranti, Dumai dan Pekanbaru pada sore - malam hari," imbaunya.

Sementara itu, suhu udara berada diantara 23.0 – 33.0 °C dengan kelembapan udara 55 – 98 % dan arah mata angin bertiup dari Tenggara - Barat dengan kecepatan 10 - 30 km per jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 - 1.25 m atau rendah," jelasnya. ***