PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Walau diselimuti asap, karyawan dan  keluarga PT Riau Andalan Pulp And Paper (RAPP) tetap mengikuti shalat Idul Adha 1436 H yang digelar di Masjid At-Taqwa, Komplek RAPP, Pangkalan Kerinci, Riau, Kamis (24/5)dengan khidmat. Shalat dimulai pada pukul 07.30 dengan Imam Muhammad Rois Candra dan khotib Ust. Muhammad Alparadi, M.Pdi. Dalam khotbahnya, Alparadi menceritakan mengenai kisah dan sejarah penyembelihan hewan qurban yang merupakan bagian dari kisah Nabi Ibrahim as.

Sementara itu dalam sambutan singkat sebelum Shalat Id dimulai, manajemen RAPP sekaligus Ketua Ikatan Muslim Riau Andalan (IMRA), Wan Moh Jakh Anza, menuturkan, jumlah hewan qurban yang terus meningkat setiap tahunnya menunjukkan kesadaran karyawan RAPP dan warga Riau Komplek untuk berbagi kepada sesamanya di Hari Raya Idul Adha. "Kesadaran untuk berkurban terus meningkat sehingga mencapai peningkatan jumlah hewan kurban pada tahun ini. Dalam momen Idul Adha ini, kesadaran harus menjadi niat untuk mendapatkan ridho dan pahala dari Allah SWT," ungkap Wan Jakh.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/24092015/qurban2jpg-3058.jpgDokter hewan RAPP, dr. Wibisono tengah mengecek hati dan jantung hewan qurban untuk memastikan daging tersebut sehat untuk dikonsumsi oleh masyarakat.Dia berharap jumlah qurban yang dilakukan oleh masjid-masjid di bawah di IMRA bisa semakin terus meningkat kedepannya. "Total qurban kaum muslim di Komplek RAPP pada Idul Adha tahun ini sebanyak 56 ekor sapi, 8 ekor kerbau dan 11 ekor kambing. Total semuanya ada 75 ekor hewan qurban. Terima kasih kepada warga Riau Komplek dan lembaga IMRA atas perannya melakukan kurban. Semoga mendapatkan pahala dan kebaikan yang melimpah." sambung Wan Jakh.

Ketua Badan Kenaziran Masjid (BKM) At-Taqwa, H. Raylus Nurdin, didampingi Ketua Panitia Qurban, Muhammad Fajrianus, mengemukakan, daging hewan kurban ini akan disalurkan dan didistribusikan kepada asisten rumah tangga riau komplek, sebagian karyawan RAPP yang tidak dapat berkurban, kontraktor, pemotong hewan qurban, serta kepada masyarakat desa yang ada di wilayah sekitar operasional perusahaan serta kepada masyarakat yang ada di Pangkalan Kerinci, diantaranya Desa Kerinci Timur, Desa Simpang Kualo, BLP Bawah, Masjid Taqwa Jalan Mes Pemda, dan Pesantren Rawang Kao dimana sapi sebelumnya tetap disembelih oleh panitia qurban Masjid At-Taqwa.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/24092015/qurban3jpg-3057.jpgSuasana pengulitan hewan qurban di depan Masjid Al-Mubarak, Town Site 2 RAPP.Fajrianus menjelaskan, selain di Masjid At-Taqwa, dengan jumlah 39 sapi dan 6 ekor kambing, kegiatan qurban juga dilaksanakan di Masjid Al-Muhajirin, Komplek BLI dan juga di Masjid Mubarok, Komplek RAPP Town Site II. Penyembelihan hewan qurban yang dilakukan di Masjid Al-Muhajirin adalah sebanyak 8 Kerbau, 2 Sapi, 1 Kambing serta di Masjid Mubarok melakukan penyembelihan terhadap 15 ekor sapi dan 4 ekor kambing.

Sebelum daging kurban dibagikan, pihak panitia qurban terlebih dahulu melakukan pemeriksaan terhadap kondisi daging melalui dokter hewan perusahaan, Untuk melihat kondisi daging secara keseluruhan terutama jantung dan hati setiap hewan. Sehingga dapat dipastikan bahwa setiap hewan kurban terhindar dari penyakit dan sehat untuk dikonsumsi. (rls)