XIII KOTO KAMPAR - Ratusan masyarakat dari Desa Pulau Gadang sekitarnya antusias mengikuti tabligh akbar bersama Ustad Abdul Somad, Lc.MA yang digelar di Masjid Al Hidayah, Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Jum'at Jum'at (24/3/2017) sore.

Dari pantauan GoRiau.com, jemaah yang datang tidak hanya dari warga Desa Pulau Gadang tapi juga dari desa tetangga seperti Koto Masjid, Lubuk Agung, Tanjung Alai, Ranah Sungkai, Batu Bersurat dan lainnya. Tampak hadir juga Kepala Kantor Urusan Agama dari dua kecamatan yakni Kecamatan XIII Koto Kampar dan Koto Kampar Hulu.

Selain itu juga hadir Kepala Desa Pulau Gadang Abdul Razak, Kepala Desa Koto Masjid Arjunalis, Pucuk Adat Kenegerian Pulau Gadang H Sawir,SH Datuk Tandiko, Ketua BPD Pulau Gadang Syofian,SH,MH Datuk Majo Sati, Pimpinan Thariqat Naksabandiyah Pulau Gadang M Yatim Datuk Paduko Rajo dan hadir juga pimpinan thariqat naksabandiyah dari Padang Panjang, Sumbar.

Kegiatan ini juga dihadiri pihak Koramil XIII Koto Kampar dan Polsek XIII Koto Kampar. Sebelum kedatangan Ustad Somad, pihak dari Polsek menyampaikan pesan kamtibmas.

Gerakan dakwah sebagai syi'ar Islam yang ditaja Solidaritas Insan Beriman (Sorban) Puga Desa Pulau Gadang bersama beberapa elemen di Desa Pulau Gadang ini membuat jemaah puas karena tema yang diangkat yakni Antara Sunnah dan Bid'ah sangat cocok dengan kebutuhan yang ingin ditanyakan masyarakat saat ini karena banyak sekali isu-isu dan pertentangan mengenai sunnah dan bid'ah saat ini. "Kami merasa puas dengan penjelasan Ustad Abdul Somad, karena bisa membedakan mana bid'ah," beber beberapa ibu-ibu usai pengajian.

Menurut beberapa jemaah, pemaparan dari Ustad Somad sangat mudah dicerna dan tidak membosankan karena ustad tamatan S2 Dar Al-Hadits Al-Hassania Institute, Kerajaan Maroko dan Dosen di UIN Suska Riau menyelingi ceramahnya dengan lelucon sehingga mengundang gelak tawa ratusan jemaah.

"Kegiatannya bagus, kalau bisa digelar berkelanjutan, ustadnya mantap," imbuh warga Koto Masjid, Masrizal (45) menambahkan.

Pembina Sorban Puga Yuwarlis Bilal didampingi pembawa acara M Syafi'i,S.Ag menyampaikan, kajian seperti ini akan dilaksanakan secara rutin dan mereka akan mengkaji bagaimana rencana kedepan, pola dan jadwalnya karena kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat sehingga pemahaman agama masyarakat semakin meningkat sehingga desa semakin damai dan dilindungi Allah SWT. ***