PEKANBARU - Kepolisian Daerah (Polda) Riau, Selasa (22/8/2017) pagi, mendapat hibah bantuan alat pemadam kebarakan lahan dan hutan (Karhutla) dari PT RAPP. Setidaknya ada 25 unit mesin Robbin serta lima alat mini strike beserta perlengkapannya dihibahkan, yang dapat digunakan di medan sulit.

Hibah alat pemadam kebakaran lahan tersebut diserahkan langsung kepada Irjen Zulkarnain di halaman Mapolda Riau, disaksikan pejabat utama kepolisian dan Kapolres se-Riau, serta perwalikan PT RAPP. Dengan begitu, langkah pencegahan Karhutla pun akan lebih maksimal, supaya Riau tetap bebas asap tahun ini.

Kapolda Riau Irjen Zulkarnain mengungkapkan, hibah ini dalam rangka penanggulangan Karhutla, yang nantinya dipergunakan diseluruh Polres yang ada, terutama yang wilayahnya rawan. "Jadi tepat sasaran sesuai kerawanannya. Nanti dimanfaatkan oleh satuan terdepan yang terlibat pemadaman," ungkapnya.

Walau diberi hibah, Irjen Zulkarnain memastikan itu tidak akan berpengaruh pada independensi Polri dalam menegakkan hukum, terutama menyangkut Karhutla. "Kemampuan kami untuk alat memang terbatas, namun Polri tetap independen, jika mereka lalai tetap akan kena," singkat dia.

Terpisah, Dirut PT RAPP Rudi Fajar menerangkan, pihaknya ingin bersama-sama dalam penanggulangan Karhutla di Riau. Berbagai upaya mesti dimaksimalkan, diantaranya pendeteksian dini, antisipasi pemadaman cepat serta ketersediaan peralatan yang memadai di lapangan.

"Peralatan itu penting, karena masih terbatas, kita berikan bantuan, tujuannya itu, agar lebih maksimal. Kita sendiri (RAPP) punya berbagai program, diantaranya Desa Bebas Api yang mengedepankan pencegahan, dengan begitu tidak perlu memadamkan api, karena Karhutla tidak terjadi," ungkapnya.

Bahkan PT RAPP sendiri memiliki sekitar 750 tenaga Fire Fighter untuk 'perang' melawan Karhutla. Mereka juga diperlengkapi peralatan yang cukup, bahkan sering mendapat pelatihan khusus terkait penanganan dan antisipasi Karhutla. Ditambah pula dengan sosialisasi secara terus menerus dengan masyarakat.

"Hal yang bagus adalah semua itu dilakukan bersama-sama, pemerintah semakin bagus berkolaborasi bersama kita. Kita ingin Riau bebas asap, dan kita harus saling tolong menolong," tutupnya.

Adapun hibah alat pemadam ini diantara dua unit mesin Robbin untuk Polresta Pekanbaru, empat unit Robbin dan satu mini striker untuk Polres Pelalawan, sama dengan Polres Kampar jumlahnya. Lalu lima unit Robbin dan satu mini striker untuk Polres Siak, sama dengan Kepulauan Meranti serta Polres Kuansing.

Sementara Dumai, Rohil, Rohul, Bengkalis, Inhil dan Inhu masing-masing mendapat hibah dua unit mesin Robbin. Seluruhnya diserahterimakan di halaman Mapolda Riau. ***