JAKARTA -- Melalap sayuran tidak hanya meningkatkan selera makan, namun juga sangat bermanfaat bagi kesehatan, termasuk bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

Dikutip dari detikhealth yang melansir berbagai sumber seperti Health Line dan Ecowatch, berikut 5 sayur lalapan yang ampuh menurunkan kadar kolesterol jahat.

1. Kol

Kubis atau kol biasa dikonsumsi sebagai lalapan dan paling nikmat dicocol ke sambal terasi yang pedas sedap. Menyantapnya bersama nasi hangat dan ayam goreng atau ikan asin dapat memuaskan selera.

Ternyata kol juga memiliki beragam manfaat kesehatan yang salah satunya dapat menurunkan kolesterol tinggi. Di dalamnya mengandung zat bernama phytosterol yang dapat mengurangi kolesterol LDL dengan cara menghalangi penyerapannya di saluran pencernaan.

Belakangan banyak sekali lalapan berupa kubis goreng. Namun kalau ingin mendapatkan manfaatnya, sebaiknya mengonsumsi kol dalam kondisi mentah.

2. Mentimun

Mentimun juga umum dikonsumsi sebagai lalapan. Hampir di setiap makanan yang diolah dengan cara digoreng serta menggunakan sambal, pasti menyediakan lalapan mentimun.

Biasanya mentimun tinggal diiris menyerong atau dipotong agak memanjang. Untuk menikmatinya, tinggal dicocol dengan sambal terasi atau jenis sambal lainnya sesuai selera.

Mentimun memiliki kandungan phytosterols yang memang bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi. Kalau sedang merasakan efek dari kolesterol tinggi, maka konsumsilah dalam porsi yang banyak.

3. Kemangi

Kemangi juga biasa ditemui dalam jajaran lalapan. Sayuran ini memang biasa dikonsumsi dalam kondisi mentah karena rasanya yang segar. Kemangi juga memiliki aroma yang harum.

Ternyata selain rasanya yang enak dan menyegarkan, kemangi juga baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam kemangi bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

4. Terong bulat

Ada beragam jenis terong yang umum dikonsumsi di Indonesia. Salah satunya terong bulat atau biasa juga disebut terong lalapan. Terong ini sangat enak dikonsumsi mentah, karena rasanya segar dan bertekstur renyah.

Terong bulat disebutkan memiliki beragam manfaat untuk tubuh, termasuk menurunkan kolesterol jahat. Hal ini diperkuat dengan adanya penelitian yang menemukan kalau binatang yang mengonsumsi terong mentah dan panggang selama 30 hari kesehatan jantungnya meningkat dan kadar kolesterol serta trigliseridanya menurun.

5. Tomat

Selain menjadi salah satu campuran bahan untuk membuat sambal, tomat juga bisa dikonsumsi sebagai lalapan. Sering juga tomat dikonsumsi mentah sebagai pendamping nasi goreng.

Tomat diketahui mengandung zat likopen yang tinggi. Di mana zat tersebut berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Kamu bisa mengonsumsi tomat secara rutin dalam kondisi mentah.

Namun ada beberapa penelitian yang menemukan bahwa tubuh dapat menyerap lebih banyak likopen jika tomat diproses atau dimasak terlebih dahulu. Contohnya mengolah tomat menjadi jus hingga campuran sup.***