BANGKINANG – Sukses menggelar Tour de Muara Takus 2022, Kampar optimis menatap Tour de Muara Takus 2023. Bahkan, negeri yang punya dua istana yakni Istana Kesultanan Kampa dan Kesultanan Gunung Sahilan itu, berencana menggelar event yang lebih besar.

Jika rute tahun ini, tahun 2022 masih mengikuti lintas Riau - Sumbar, besar kemungkinan tahun depan juga akan menambah etape ke Kampar Kiri yang memiliki Istana Kesultanan Gunung Sahilan serta pemandangan yang juga sangat bagus.

GoRiau Peserta saat mencapai garis fi
Peserta saat mencapai garis finish. (foto: hermanto ansam/goriau.com)

''Kita minta Kapolda Riau bersedia menggelar Tour de Muara Takus 2023. Dan tadi, juga sudah langsung dijawab Pak Kapolda, bahwa beliau berencana kembali menggelar Tour de Muara Takus 2023. Insyaallah ini akan membangkitkan perekonomian kita baik pariwisata, UMKM bahkan bisa mempercepat pembangunan Kampar,'' ujar Pj Bupati Kampar, Kamsol di area Candi Muara Takus, Sabtu (12/11/2022).

Dengan dukungan keindahan negeri Kampar, Kamsol yakin Tour de Muara Takus akan menjadi daya tarik pariwisata nasional dan mendukung promosi daerah.

GoRiau Peserta fun race Tour de Muara
Peserta fun race Tour de Muara Takus saat melintas di flyover Simpang Arengka Pekanbaru. (foto: hermanto ansam/goriau.com)

''Kampar punya banyak destinasi wisata. Event ini sangat membantu sekali, apalagi peserta mencapai 372 pembalap yang berasal dari 20 provinsi dan mancanegara. Mudah-mudahan tahun depan akan lebih meriah dan besar dari tahun ini. Ini kan event perdana,'' ujarnya.

Sebelumnya, Sekdakab Kampar Yusri juga menyatakan Pemkab Kampar siap mendukung i Tour de Muara Takus yang digelar ISSI dan Polda Riau tahun depan.

''Kampar ini punya banyak potensi pariwisata yang belum digarap maksimal. Selain pemandangan alam, di Kampar juga ada Istana Kesultanan Kampa dan Istana Kesultanan Gunung Sahilan, dan juga air terjun yang indah. Dan yang tak kalah menarik adalah kuliner yang enak-enak serta seni budaya yang unik,'' jelas Yusri.

''Intinya kita siap untuk penyelenggaraan Tour de Muara Takus 2023 nanti. Insyaallah,'' tutupnya. ***