PANGKALAN KERINCI - PT Mitrasari Prima menandatangani berita acara serah terima bantuan dengan Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (ST2P) di Kampus Langgam, Kawasan Teknopark Pelalawan, Jumat (17/1/2020).

Penyerahan bantuan Corporete Sosial Respinsibilty (CSR) perusahaan perkebunan kelapa sawit ini berupa Crude Palm Oil (CPO).

KTU PT Mitrasari Prima, Ramli SE mengatakan, bantuan CSR perusahaan salah satu bentuk dukungan perusahaan untuk mendorong riset inovasi produk turunan kelapa sawit.

"Ini bentuk dukungan kita, mendorong riset dan meningkatkan inovasi dari produk turunan kelapa sawit oleh mahasiswa ST2P," katanya, usai penyerajan bantuan.

Wakil Ketua ST2P, Salmiyati M.Pd mengatakan, industri minyak kelapa sawit kini tengah menuju kearah pengembangan yang berbasis sains dan ilmu pengetahuan.

Menurutnya, dukungan PT Mitrasari Prima akan memperkuat pengembangan penelitian produk turunan kelapa sawit yang tengah dilakukan oleh ST2P. Saat ini, Riau hanya menghasilkan CPO.

"Kita sedang mengembangkan penelitian laboratorium untuk pengolahan CPO menjadi produk turunan," ungkap Salmiyati.

Laboratorium ST2P, lanjut dia, memiliki alat untuk mengolah CPO menjadi minyak goreng, sabun, gel dan bahan baku untuk pembuatan coklat. Diyakini, produk turunan kelapa sawit akan banyak ditemukan melalu penelitian ini.

"Saat ini masih sedikit, tapi akan banyak. CPO ini diperlukan untuk penelitian produk turunan minyak kelapa sawit," ujarnya.

Atas bantuan perusahaan ini, Salmiyati mengatakan, kampus ST2P mempunyai inovasi baru. "Dengan adanya bantuan ini, kita akan cepat maju. Harapannya, ini tidak hanya sekedar miniatur laboratorium tapi akan menjadi industri," tandasnya, kepada GoRiau.*