PANGKALAN KERINCI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik investasi PT Asia Pacific Rayon (APR) di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Swasta memiliki besar dalam pertumbuhan ekononi dalam negeri.

"Perlu saya sampaikan, bahwa sekarang ini semua negara saling berebut namanya investasi," kata Presiden Jokowi, saat meresmikan fasilitas produksi viscose rayon terintegrasi dan terbesar di komplek Grup APRIL di Pangkalan Kerinci, Provinsi Riau, Sumatera, Jumat (22/2/2020).

Menurutnya, semakin banyak peredaran uang di sebuah negara maka pertumbuhan ekonominya akan semakin baik.

"Karena yang namanya peredaran uang di sebuah negara semakin banyak beredar akan semakin baik pertumhuhan ekonomi dan semakin baik kesejaheraan masyarakatnya," kata Jokowi.

Untuk diketahui, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun ini kurang lebih 2.200 triliun ditambah dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"APBN dan APBD pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi hanya 23 persen. Itu hanya stimulus," sebutnya.

Sedangkan untuk APBN saja prngaruhnya hanya 16 persen pengaruhnya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi. Disemua negara kurang lebih sama.

"Artinya 77 persen tumbuhnya ekonomi sangat bergantung pada dunia usaha, kepada dunia swasta. Saya menyambut baik investasi yang telah dilakukan APR di Kabupaten Pelalawan, Riau," jelas Jokowi.*