JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat secara virtual pada Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 tahun 2021 yang digelar di GOR POPKI Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (9/9/2021). Peringatan Haornas tahun ini ditandai dengan catatan prestasi yang membanggakan dalam ajang Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020.

“Saya menyampaikan selamat Hari Olahraga Nasional yang ke-38 kepada seluruh insan olahraga Indonesia dan kepada masyarakat Indonesia yang selalu mendukung kemajuan olahraga di negara kita Indonesia,” kata Presiden Jokowi.

Kepala Negara menjelaskan, pencapaian prestasi yang diraih tim Merah Putih ini menjadi inspirasi bagi seluruh bangsa Indonesia. Prestasi ini juga sekaligus menjadi pemicu untuk atlet lainnya agar bisa berprestasi dimasa mendatang.

“Peringatan Hari Olahraga Nasional tahun ini kita peringati dengan catatan prestasi yang membanggakan atas raihan berbagai medali dalam ajang Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo,” ujar Presiden.

“Pencapaian prestasi yang menginspirasi seluruh bangsa, bukan hanya membuat kita semua bangga tapi juga memacu lahirnya prestasi-prestasi olahraga yang lebih gemilang dimasa mendatang,” sambung Presiden.

Lebih lanjut, Presiden mengapresiasi dan berterima kasih yang sebesar-besarnya atas perjuangan dan kerja keras dari para atlet. Tak hanya itu, Presiden juga menyampaikan terima kasih kepada pelatih yang telah mampu mengasah talenta hebat.

“Apresiasi dan terima kasih atas perjuangan dan kerja keras atlet dan pelatih yang telah mampu mengasah talenta hebat sehingga mengharumkan nama bangsa melalui prestasi olahraga. Prestasi olahraga harus terus kita tingkatkan,” jelas Presiden.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengatakan, peringatan Haornas ke-38 tahun 2021 mengangkat tema Desain Besar Olahraga Nasional Menuju Indonesia Maju.

Haornas diperingati setiap 9 September. Tahun ini, penyelenggaraannya diselenggarakan di GOR Popki, Cibubur, Jakarta. Tepat peringatan Haornas kali ini, Presiden Joko Widodo telah menandatangani peraturan presiden tentang desain besar olahraga nasional.

“Perpres ini akan dijadikan sebagai payung hukum untuk implementasi desain besar olahraga nasional dari tingkat pusat, provinsi, sampai kabupaten dan kota. Jadi kita berharap dengan lahirnya Perpres ini akan mempercepat impelemntasi desain besar olahraga nasional,” kata Menpora Amali. ***