SELATPANJANG - Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH melakukan patroli lewat udara dengan menggunakan Helikopter PK-RHG milik PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Rabu (19/2/2020).

Kapolres didampingi oleh Kasat Intelkam AKP Saiful, Kasatreskrim AKP Ario Damar SH SIK, Kapolsek Merbau Iptu Pangaribuan, Manager Sektor Pulau Padang Agil Pramudji, Humas PT RAPP Dody Iskandar Putra dan Fire and Aviatio Ray Gan.

Patroli memantau kondisi akhir dari lokasi yang sempat membara di Dusun Tanjung Keleman, Desa Tanjung Padang dan Desa Bandul, Kecamatan Merbau, (10/2/20) lalu. Namun kondisi terkahir aman.

"Hasil pantauan, sejauh ini aman. Memang ada sedikit asap di lokasi Tanjung Keleman masih menyisakan tahap pendinginan. Dan di Desa Bandul dapat dipastikan telah padam," ungkap Taufiq.

Taufiq mengaku kondisi di lapangan tampak sangat sulit dijangkau jika titik api benar-benar berada di tengah hutan belantara.

"Sebagai upaya antisipasi, kita telah sarankan kepada perusahaan agar menyediakan akses tersebut. Kita tidak mengharapkan Karhutla disana, namun apabila terjadi tentunya dapat membantu dengan mempermudah jarak tempuh," bebernya.

Ia juga bersyukur jika hutan Meranti tampak masih sangat hijau. Dengan demikian ia menghimbau seluruh lapisan masyarakat lebih proaktif menjaganya dengan melakukan mencegah terjadinya Karhutla.

Termasuk dalam melakukan kerjasama. Melaporkan jika menemukan titik api atau tidak perlu ragu jika mendapat informasi adanya oknum atau pihak tidak bertanggung jawab dengan sengaja membuka lahan dengan cara dibakar.***