RENGAT – Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Indragiri Hulu (Inhu), Riau mendatangi sejumlah agen atau perwakilan perusahaan otobus (PO) dan travel perjalan yang beroperasi di wilayahnya, Selasa (22/2/2022). Hal ini dilakukan dalam rangka sosialisasi pencegahan kecelakaan lalu lintas.

Kepala Polres Inhu AKBP Bachtiar Alponso melalui Kasat Lantas AKP Rocky Junasmi mengatakan, tujuan kegiatan itu adalah untuk memberikan pemahaman tentang keselamatan dalam berlalu lintas.

"Sekaligus mengecek kondisi armada angkutan apakah laik jalan," kata Rocky di Rengat.

Selama ini dalam beberapa kasus Kecelakaan Lalu Lintas (Lakalantas) mayoritas dialami oleh kendaraan angkutan umum dan travel. Hal ini menjadi perhatian, hingga pengelola PO perlu mendapatkan arahan dan pembekalan.

Dengan harapan, agar para pelaku jasa angkutan umum tersebut mengerti dan faham akan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas.

Faktor yang menjadi perhatian adalah pengetahuan sopir atau pengemudi tentang aturan berlalu lintas, kondisi kendaraan yang laik jalan.

"Jika ini menjadi perhatian pengelola PO dan Travel, bisa meminimalisir lakalantas," sebut Rocky.

Untuk mendukung program keselamatan dalam berlalu lintas, Satlantas Polres Inhu juga menyambangi Dinas Perhubungan setempat. Dalam pertemuan, mendiskusikan terkait upaya keselamatan kenyamanan dalam berlalu lintas. Selain itu, merespon positip apa yang telah dilakukan pihak Dishub selama ini dan ke depan.***