PEKANBARU, GORIAU.COM - Tiga pedayung Riau dipanggil untuk masuk pemusatan latihan nasional (pelatnas) guna persiapan timnas Indonesia menghadapi SEA Games 2013. Tapi permintaan tersebut langsung ditolak Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (Podsi) Riau. Organisasi yang menjembatani olahraga dayung ini tidak mau mengirim atletnya jika pelatnas tersebut tidak dilakukan di Pekanbaru.

Ketua Harian Podsi Riau Sanusi Anwar mengakui bahwa pihaknya telah menerima surat permintaan agar Riau mengirim tiga atletnya masuk Pelatnas. Ia mengatakan surat tersebut sudah diterimanya sejak seminggu yang lalu. Rencananya pelatnas tersebut akan dilakukan di Waduk Jatiluhur.

Namun permintaan itu tidak serta merta diterima dengan baik oleh Podsi Riau. Dalam surat balasannya, Podsi Riau justru meminta bila memang atlet Riau dibutuhkan untuk pelatnas maka pelatnasnya harus digelar di Pekanbaru.

''Kita minta Pelatnas dilaksanakan di Pekanbaru. Tidak usah ke Jatiluhur sana,'' ujar Sanusi.

Permintaan seperti ini bukan kali pertama diutarakan Podsi Riau. Tahun lalu mereka juga mengajukan pelatnas di Pekanbaru, meski tidak mendapat respon dari PB Podsi. Sanusi punya alasan kuat sehingga pihaknya meminta pelatnas dilaksanakan di Pekanbaru. Sebab, saat itu enam pedayung Riau yang dipanggil tersebut tidak diturunkan dan hanya sebagai cadang.

''Kita sangat menyayangkan. Pedayung kita yang mereka panggil justru dicadangkan dengan alasan tidak bagus. Tapi, kenyataannya di PON XVIII 2012 kita tampil sebagai juara,'' ujar Sanusi lagi. (nti/rsc)