LABUHANBATU- Buku adalah jendela dunia, dengan membaca kita bisa menjelajah dunia, sudah seharusnya kita memahami, bahwa dengan membaca kita dapat memperoleh ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kita semua. Demikian sambutan Plt Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT yang diwakili Sekdakab Ahmad Muflih SH, MM pada acara pelatihan pengelola perpustakaan di Hotel Platinum Rantauprapat, Kamis (20/9/2018).

Ahmad Muflih mengatakan, membaca bukanlah hal yang dapat timbul secara tiba-tiba, tetapi membutuhkan waktu dan latihan secara terus menerus, salah satu upaya dalam meningkatkan dan mengembangkan minta baca adalah melalui program-program perpustakaan, pengembangan perpustakaan dan promosi-promosi lainya.

"Perpustakaan sebagai sarana pendidikan informasi, sumber ilmu pengetahuan dan penyebaran informasi merupakan sarana yang tepat untuk meningkatkan kemajuan minat baca masyarakat, pelayanan perpustakaan harus menciptakan susana yang menarik," sebut Sekdakab.

Lebih lanjut Ahmad Muflih menghimbau agar mengikuti pelatihan secara penuh selama 2 hari kedepan, untuk para peserta kiranya tidak berganti-ganti, sehingga kegiatan ini dapat berlanjut dan berkesinambungan, dan untuk hasilnya dapat diterapkan di masing-masing perpustakaan yang di kelola.

"Pengelola perpustakaan tugasnya tidak hanya mengurus buku dan memajangkan buku, tetapi harus memikirkan cara bagaimana suatu perpustakaan mampu berbenah diri agar perpustakaan itu menarik, sehingga mampu eksis dan berperan dalam mengembangkan minat baca masyarakat," kata Ahmad Muflih.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Labuhanbatu Ir. H. Leo Sunarta Marapaung MMA, menjelaskan, kegiatan pelatihan pengelola perpustakaan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pengelola dan pelayanan perpustakaan dalam mengembagkan minat baca masyarakat, adapun pesertanya terdiri 80 orang pengelola perpustakaan dari desa, komunitas TBM, forum masyarakat literasi dan Universitas.

Dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu mendatangkan para narasumber yang berasal dari luar Kabupaten, yaitu Murniaty S.Sos dari Universitas Sumatera Utara, Tessa Simahate S.Sos dan Doni Yudha Prawira dari Universitas Medan, dan Irwan Silalahi sebagai tenaga IT pada DPK LB 2 yang berasal dari dari Kabupaten Labuhanbatu.