ACEH - Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, Achmad Marzuki melaporkan kesiapan Aceh sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 Tahun 2024 bersama Sumatera Utara (Sumut). Penyiapan infrastruktur mulai dikebut di 6 kabupaten, yaitu di Banda Aceh, Sabang, Aceh Besar, Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Asia Tenggara.

Sejak menjadi Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki menekankan koordinasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), KONI, dan dengan Pemerintah Provinsi Sumut terus ditingkatkan komunikasi dan koordinasi agar semua bisa berjalan dengan baik.

"Aceh telah menyiapkan 6 Kabupaten/Kota, akan mempertandingkan 33 cabor, menyambut 5.782 atlet dan 2.891 official. Untuk Sabang akan mendorong peningkatan sports tourism (pariwisata)," kata Pj Gubernur Aceh yang juga menjadi Ketua Panitia Besar (PB) PON Wilayah Aceh, saat sambutan di Pendopo Gubernur Aceh, Sabtu (24/12/2022).

"Komunikasi dan koordinasi menjadi kata kunci, oleh karenanya kita lakukan lebih awal agar lebih baik dan menjadi awal kesuksesan bersama Sumut," tambahnya.

Demikian pula Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, upaya optimal dilakukan dengan membuat sasaran Lima Sukses, yaitu sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses administrasi, sukses pemberdayaan ekonomi masyarakat, serta sukses pemanfaatan fasilitas pasca even.

Adapun untuk tempat pertandingan sebagai plan A akan disiapkan kawasan sport center, bila belum mencukupi atau ada kendala telah disiapkan Plan B dengan 6 Kota/Kabupaten.

"Kami sedang menyiapkan kawasan sport center sehingga semua pertandingan 34 cabor tidak jauh. Namun bila ada kendala disipakan 6 Kota/Kabupaten, yakni Binjai, Simalungun, Pematang Siantar, Medan, Deli Serdang, dan Serdang Begadai," kata mantan Pangkostrad itu.

"Kami sudah merencanakan sejak 2019, kita sudah melakukan perencanaan, dan yang menjadi catatan adalah ini Pekan Olahraga Nasional yang tempatnya di Aceh dan Sumut, jadi rakyat Aceh dan rakyat Sumut bergembira untuk menyukseskan pekan olahraga ini," tutur Edy Rahmayadi yang juga Ketua PB PON Wilayah Sumut tersebut. ***