BAGANSIAPIAPI - Hari ini, Senin (4/10/2021), Kabupaten Rokan Hilir, Riau, genap berusia 22 tahun. Puncak peringatan ditandai dengan digelarnya sidang paripurna istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rohil yang dipimpin Ketua DPRD Rohil, Maston didampingi Wakil Ketua Abdullah, Basiran Nur Efandi dan Hamzah SHi.

''Ini merupakan kilas balik sejarah perjuangan rakyat Rohil untuk membentuk kabupaten sendiri. Perjuangan ini tidak boleh dilupakan, namun harus menjadi momentum untuk memajukan Negeri Reribu Kubah ini,'' ujar Maston saat menyampaikan pidato pengantar paripurna istimewa.

Karena itu, kata Maston, meski masih dalam suasana Pandemi Covid-19, peringatan hari lahir Kabupaten Rokan Hilir tetap harus dilaksanakan. Karena itu, panitia sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat kepada semua undangan yang hadir.

''Jika dulu para pejuang Rohil bertungkus lumus untuk menjadikan Rohil sebuah kabupaten, sekarang giliran kita untuk meneruskan perjuangan itu dalam bentuk pembangunan daerah,'' ujarnya.

Hadir dalam sidang paripurna istimewa Bupati Rohil Afrizal Sintong, Wakil Bupati H Sulaiman SS, MH, Kajari Rohil Juliarni SH MH, Dandim 0321 Rohil Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi, Kapolres AKBP Nurhadi Ismanto SH, Sik, Sekdakab Rohil HM Job Kurniawan dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Rohil. Selain itu juga terlihat undangan seperti mantan Gubernur Riau, Saleh Jasid SH, Danrem 031 Wirabima Brigjend M Syech Ismed, mantan Sekdakab Rohil Drs H Surya Arfan Msi dan sederetan tokoh masyarakat Rohil dari Pekanbaru dan Dumai.

Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya menyebutkan pada HUT ke-22 Rohil kali ini mengambil tema "Bekerja bersama untuk Rokan Hilir yang Lebih Maju". Maknanya, pembangunan Rohil harus dilakukan secara bersama-sama dengan melibatkan semua pihak.

''Momentum HUT Rohil ini, kami mengajak mari kita bersama-sana menyukseskan misi dan visi pembangunan Rohil agar lebih maju seperti apa yang dicita-citakan pendiri Rokan Hilir dulunya. Mari kita saling mendukung sesuai dengan tugas, profesi masing-masing untuk memajukan Rohil,'' ajak Afrizal Sintong.

Pada sidang paripurna istimewa HUT ke-22 Rohil, juga dilakukan pemberian Piagam Penghargaan kepada tokoh-tokoh pejuang Kabupaten Rohil yang tergabung dalam Komite Perjuangan Pembentukan Kabupaten Rohil serta pembagian hadiah dan piagam untuk juara penilaian Kompetensi Camat berprestasi Kabupaten Rohil tahun 2021 yang diraih M Yusuf Camat Bagan Senembah Raya untuk juara pertama, Robby Kurniawan SSTP Camat Tanah Putih Tanjung Melawan dan posisi ketiga Buchori SAg Camat Bangko Pusako. ***