KARACHI - Pesawat Pakistan International Airlines (PIA) jatuh dan menghantam sejumlah rumah sebelum terbakar hebat dekat Bandara Karachi, Pakistan, Jumat (22/5/2020) lalu. Sebanyak 97 orang penumpang tewas akibat kecelakaan tersebut.

Dikutip dari Inews.id, Kementerian Penerbangan Pakistan telah merilis hasil penyelidikan kecelakaan pesawat tersebut. Kecelakaan itu dinyatakan murni disebabkan kesalahan manusia.

Kecelakaan pesawat tersebut merupakan yang terburuk dalam delapan tahun terakhir setelah penerbangan domestik Pakistan diizinkan beroperasi kembali menyusul dilonggarkannya aturan lockdown di tengah pandemi Covid-19.

Kebanyakan penumpang tewas dalam kecelakaan tersebut bermaksud pulang ke kampung halaman guna merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah.

Dilansir dari AFP, Rabu (24/6/2020), hasil investigasi yang dilakukan Kementerian Penerbangan Pakistan dan ahli dari industri aviasi Prancis diketahui kecelakaan pesawat disebabkan oleh kesalahan pilot ketika hendak mendaratkan pesawat Airbus A320 naas tersebut.

''Analisa data dan rekaman suara memperlihatkan pilot dan co-pilot tidak fokus dan terus menerus membicarakan tentang virus corona,'' kata Menteri Penerbangan Pakistan, Ghulam Sarwar Khan.

''Pesawat 100 persen laik terbang, tidak ada kesalahan teknis dalam insiden tersebut,'' lanjutnya. ***