PEKANBARU - Anggota Komisi V DPRD Riau, Kasir meminta kejadian naas yang menimpa Warga Pekanbaru di Jalan Jenderal Sudirman hendaknya dijadikan momentum untuk semua pihak lebih peduli terhadap keamanan dirinya.

Seperti yang diketahui, hari ini satu pesepeda di Pekanbaru tewas usai ditabrak oleh mobil jenis Pajero Sport dari belakang, satu korban lainnya tengah dirawat di RS Syafira, Minggu pagi (13/9/2020).

Dikatakan Kasir, peristiwa ini harus menjadi 'pukulan' bagi pemerintah maupun pesepeda di Pekanbaru. Diakui Politisi Hanura ini, saat ini minat masyarakat terhadap olahraga sepeda sangat tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Kita ini kan kalau sudah kejadian baru ribut semua, kita lihat dulu, mengapa orang senang bersepeda? Salah satunya untuk olahraga sebagai bentuk upaya mencegah Covid-19, meningkatkan imunitas," kata Legislator Dapil Pekanbaru ini kepada GoRiau.com.

Meskipun, dalam pengamatan Kasir tak sedikit pesepeda yang tidak menyadari bahaya akan dirinya, misalnya tidak mematuhi aturan-aturan berlalu lintas, bahkan tak jarang banyak juga pesepeda yang menerobos lampu merah.

Pemerintah, lanjut Kasir, juga harus mengambil peran dalam meningkatnya angka pengguna sepeda ini. Sebab, sampai hari ini Kasir tidak melihat ada upaya pemerintah dalam mendukung olahraga yang tengah diminati ini.

"Pemerintah buat lah line untuk pesepeda, pesepeda sekarang sudah ramai. Lihat di Jakarta, kan sudah ada tu. Mungkin berapa meter lah kita kasih untuk pesepeda," tuturnya.

Saat ini, sambungnya, lokasi untuk pesepeda yang aman hanya di areal Car Free Day, itupun jamnya terbatas. Sementara, jaminan keselamatan mereka membawa sepeda ke rumah itu juga kurang diperhatikan pemerintah.

"Jalur untuk pesepeda bukan kurang lagi, tapi memang tidak ada. Saya minta pemerintah jadikan ini sebagai pengingat bahwa ada bahaya yang mengancam pesepeda," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, tabrakan maut terjadi antara pengendara sepeda dengan pengemudi mobil Pajero Sport di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Riau, Minggu (13/9/2020).

Akibat peristiwa itu, satu dari dua pengendara sepeda, tewas di tempat. Korban beridentitas perempuan.

Informasi yang dihimpun, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 07.00 WIB pagi tadi. Dimana saat itu dua orang pengendara sepeda yang sedang melintas di Jalan Jendral Sudirman Pekanbaru, tiba-tiba dihantam dari belakang oleh satu unit mobil pribadi, jenis Pajero Sport. ***