Bisa jadi banyak warga kabupaten berjuluk Negeri Junjungan tak mengetahui, jika sekitar tiga bulan lalu, tepat 22 Mei 2017 di Provinsi Riau ditaja lomba perpustakaan sekolah/madrasah untuk tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). Lomba itu diikuti banyak sekolah negeri maupun swasta se-Riau.

Dan bisa jadi pula, banyak masyarakat Kabupaten Bengkalis tak terkecuali di Kecamatan Mandau yang tak tahu, bila perpustakaan H Tenas Effendi SMA Swasta Cendana Duri, Mandau keluar sebagai champion alias juara pertama dalam lomba tersebut.

Atas prestasi gemilang, cemerlang dan terbilang tersebut, perpustakaan sekolah yang beralamat di Komplek Krakatau PT Chevron Pasific Indonesia, Duri itu berhak mewakili Provinsi Riau mengikuti seleksi lomba serupa di tingkat nasional.

''Alhamdulillah untuk tingkat nasional perpustakaan H Tenas Effendi SMA Swasta Cendana lolos dalam babak 3 besar,'' jelas Hj Yana Susilayeni, Senin (14/8/2017).

Ditambahkan Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bengkalis ini, sebagai salah satu tahapan untuk bisa tampil di grand final, dewan juri tingkat nasional akan langsung mengunjungi perpustakaan H Tenas Effendi tersebut.

''Dewan juri tersebut bertolak dari Jakarta pada Rabu (23/8/2017) mendatang dan langsung ke Duri,'' imbuh isteri H Salfian Daliandi ini.

Kata Yana, begitu dia akrab disapa, hasil penilaian lapangan ini akan menjadi pertimbangan untuk menentukan perpustakaan tingkat SLTA yang akan terpilih sebagai pemenang lomba tingkat nasional yang akan diundang ke Jakarta untuk menyampaikan presentasi pada babak grand final.

''Babak grand final lomba akan dilaksanakan 11-13 September 2017 mendatang,'' seraya memberikan sedikit bocoran informasi jika perpustakaan H Tenas Effendi SMA Swasta Cendana Duri ini termasuk yang digadang-gadangkan difavoritkan bisa mencapai babak grand final. Menjadi tiga besar perpustakaan tingkat SLTA terbaik.

Namun begitu, ada sedikit yang merisaukannya. Mengapa? Pasalnya hingga saat ini dia belum memperoleh kepastian apakah Bupati Bengkalis Amril Mukminin memiliki waktu atau tidak untuk mendampingi dewan juri tingkat nasional tersebut ketika melakukan peninjauan lapangan ke Duri.

Sebab sesuai informasi yang kami terimanya, kehadiran Bupati Bengkalis untuk mendampingi dewan juri tersebut melakukan peninjauan lapangan memiliki nilai cukup besar.

''Karenanya, atas nama keluarga besar Dinas Perpustakaan dan Arsip dan serta pengelola perpustakaan H Tenas Effendi SMA Swasta Cendana Duri, kami sangat berharap Bupati Bengkalis dapat mendampingi peninjauan lapangan tersebut,'' harapnya, sembari menambahkan peninjauan dimaskud dilakukan Kamis (24/8/2017).

Masih menurut Yana, surat permohonan kesediaan Bupati Bengkalis untuk itu sudah disampaikan. Namun sejauh ini belum ada jawaban.

Dia juga mengatakan belum mengetahui apakah surat yang dikirimkan pihaknya beberapa waktu lalu itu, sudah sampai ke tangan Bupati Bengkalis atau belum.*** #BENGKALIS