PEKANBARU - Hingga Jumat (8/10/2021), Provinsi Riau bertahan menduduki peringkat ketujuh di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021. Riau berhasil memperoleh 10 emas, 13 perak dan 10 perunggu.

Berdasarkan situs games.ponxx2021papua.com, Provinsi Riau perlu menambah empat emas lagi untuk merebut peringkat Bali yang saat ini di peringkat keenam. Bali peroleh total 14 emas, 8 perak dan 19 perunggu.

Sementara itu, di peringkat kedelapan, Provinsi Kalimantan Timur mengejar dengan perolehan medali total 6 emas, 17 perak dan 23 perunggu. Namun, Riau berhasil bertahan duduk di peringkat 7 sejak 4 Oktober 2021.

Adapun perolehan emas Provinsi Riau, diantaranya 3 emas dipersembahkan oleh Cabang olahraga (Cabor) Dayung di Nomor Kayak Putra 200 meter, Kayak Putra 1000 meter dan Canoe Slalom.

Selanjutnya dari Cabor Senam, 3 emas diperoleh dari Nomor Artistik Beregu Putra, Nomor Artistik All Around Putra, dan Senam Palang Tunggal. 3 emas juga dipersembahkan oleh Cabor Anggar dari Nomor Degen Individual Putri, Floret Individual Putra, dan Floret Beregu Putri. Serta satu emas dari Panahan di Nomor Fita Compound Perorangan Putra.

Perolehan perak dipersembahkan oleh Cabor Dayung di Nomor Putri 500 meter dan 200 meter untuk 2 perak. Cabor Senam juga mempersembahkan 5 perak di Nomor Putra All Around, Gelang-gelang, Palang Sejajar, Gawang Putra 110 meter dan Lontar Martil Putri.

Kemudian Cabor Muaythai memperoleh satu perak di Nomor Putri Kelas 43 Kg, Cabor Taekwondo peroleh satu perak di Nomor Putri Over 73 Kg, serta Cabor Anggar peroleh 3 perak di Nomor Floret Individual Putri, Degen Individual Putra, dan Sabel Beregu Putra. Perak terakhir diperoleh Aerosport di Nomor F1A (Glider Tarik A2) Putri.

Kemudian untuk perolehan perunggu, diantaranya 2 perunggu dipersembahkan Cabor Senam di Nomor Beregu Putri dan Senam Kuda Pelana. Cabor Wushu juga mempersembahkan 2 perunggu di Nomor Putra Sanda 70 Kg dan Putra Sanda 48 Kg.

Selanjutnya, Taekwondo memperoleh satu perunggu masing-masing di Nomor Over 78 Kg dan Under 53 Kg Putri , Menembak peroleh satu perunggu di Nomor Individual Putra 25 meter, Cabor Layar juga meraih satu perunggu di Nomor Laser 4.7 Putra, satu perunggu oleh Degen Individual Putra dari Cabor Anggar. Serta Muaythai peroleh satu perunggu di Nomor 48 Kg Putra. ***