PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru patut berbangga telah menjadi tuan rumah perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Damkar, Linmas dan Satpol PP yang dirayakan bersamaan pada 6 Maret 2019 mendatang. Pasalnya, puluhan ribu undangan diperkirakan akan datang dari Seluruh Indonesia, seperti Mentri, kepala daerah dan undangan lainnya, Presiden Jokowi sendiri dijadwalkan menjadi Inspektur Upacara pada perayaan HUT tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru M Noer dalam kesempatan jumpa pers menyatakan, masyarakat Kota Pekanbaru dapat memanfaatkan momentum tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan ekonominya, dan memperkenalkan produk - produk lokal di Pekanbaru kepada para pengunjung.

"Kita mengundang semua kepala daerah se-Indonesia, dan undangan - undangan lainnya, sekitar puluhan ribu kita perkirakan akan mengunjungi perayaan HUT tersebut. Maka kita harapkan ada tim Al balik bagi Kota Pekanbaru, dimana masyarakat juga bisa meningkatkan penjualannya, memperkenalkan produk - produk yang kita punya," urainya.

Kemudian, Pemko Pekanbaru sendiri mengaku tidak menyediakan transportasi bagi undangan kecuali kepala daerah, begitu juga penginapan. Akan tetapi, tim panitia Pemko Pekanbaru membantu dengan memfasilitasi penginapan, seperti memesankan kamar hotel.

"Untuk kepala daerah kita sediakan 245 kendaraan, tetapi selain kepala daerah itu kita beri mereka kesempatan untuk menggunakan angkutan yang ada di Pekanbaru. Sementara itu juga kita tidak menyediakan penginapan, hanya memesankan di hotel mana mereka akan menginap, kita bantu fasilitasi," jelasnya.

"Kita harapkan, ini juga memberikan dampak bagi masyarakat," ungkapnya.

Noer mengatakan Kota Pekanbaru akhirnya menjadi tuan rumah perayaan HUT Damkar, Linmas, dan Satpol PP sesuai dengan harapan dan keinginan Walikota Pekanbaru Firdaus. Beberapa acara seperti upacara, bazar, dan skill competition akan digelar pada tanggal 6 Maret tersebut di Stadion Kaharudin Rumbai, ada juga peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) akan di grand launching, untuk dinikmati masyarakat di Jalan Jenderal Sudirman. ***