BENGKALIS - Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis di Masjid Agung Istiqomah Bengkalis tahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Pasalnya, kegiatan yang diselenggarakan tadi malam (22/11/2018) dimulai dengan menampilkan peserta terbaik Syarhil Quran Putra, yang dimiliki  Kabupaten Bengkalis dan bakal mengikuti pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 tingkat Provinsi Riau di Pekanbaru Desember 2018 mendatang.

''Kebetulan saat ini peserta dari kafilah Kabupaten Bengkalis baru saja melakukan Training Center yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis dan kemudian dilanjutkan dengan pembinaan dari Lembaga Pengembangan Tilawah Quran Bengkalis, di momen peringatan Maulid Nabi ini, sengaja kita tampilkan peserta Syarhil Putra sebagai tes mental,'' ujar Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Bengkalis, H Hambali. 

Sekretaris Umum LPTQ Kabupaten Bengkalis ini juga menyebutkan, dengan ditampilkanya peserta Syarhil Quran Putra sebelum dimulainya peringatan Maulid, masyarakat atau Jamaah yang hadir kala itu dapat melihat bagaimana persiapan yang dilakukan jelang MTQ tingkat Provinsi Riau tahun 2018 ini.

''Jika masih ada kekurangan, maka kita akan lakukan perbaikan lewat pelatih yang sengaja kita siapkan. Namun jika sudah dinilai baik, kita juga berharap dapat dipertahankan sampai kapan pun, bukan hanya sampai MTQ Provinsi saja,'' sebutnya. 

Sebagaimana harapan Bupati Bengkalis Amril Mukminin, lanjutnya, jika tidak dapat naik peringkat dari tahun sebelumnya, minimal kafilah Kabupaten Bengkalis mampu mempertahankan prestasi di MTQ tingkat Provinsi Riau, seperti tahun lalu di Kota Dumai, yakni peringkat empat. 

''Walau bagaimanapun kita tetap upayakan melakukan pembinaan dengan baik dengan harapan kemampuan para peserta bisa semakin baik lagi dari sebelumnya dan tentunya mampu mengukir prestasi dalam perhelatan MTQ,'' ucap Hambali. 

Untuk di ketahui, peserta Syarhil Quran Putra yang tampil ini merupakan peraih juara I pada MTQ tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2018,di Kecamatan Bukit Batu lalu.

Tiga anak watan Bengkalis ini merupakan utusan Kecamatan Bukit Batu, mereka adalah Zulkarnain, Muhammad Hafis dan Riski Romadhan. 

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini diisi dengan mendengarkan tausiah agama dari Ustadz Dr H Ismardi Ilyas, MA dan  dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Heri Indra Putra, Forkopimda dan Kepala OPD.

Sementara Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H Heri Indra Putra mengajak umat Islam di Kabupaten Bengkalis meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW untuk meneladani dan mengerjakan ajarannya.

Ajakan tersebut disampaikan pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H, sebagai momentum untuk meningkatkan dan kecintaan kepada Rasullullah SAW serta senantiasa berusaha untuk meneladaninya, Kamis 22 November 2018 bertempat di Masjid Agung Istiqomah Bengkalis.

''Esensi dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sesungguhnya adalah untuk meneladani setiap pikiran, ucapan yang santun dan lembut serta tindakan yang arif dan bijaksana,'' ungkap Heri.

Heri mengatakan kemuliaan akhlak  Nabi Muhammad SAW hendaknya menjadi inspirasi kita semua untuk menjadi insan terpuji, kreatif dan inovatif dalam membangun kehidupan yang harmonis sesuai perintah Allah SWT.

''Kami mengajak kaum muslimin dan muslimat seluruhnya untuk senantiasa memperteguh keyakinan dan semangat kita dalam membangun Kabupaten Bengkalis,'' jelas Heri.

Selanjutnya Heri mengajak kepada kaum muslimin untuk meningkatkan ukhuwah islamiyah sehingga terwujud tatanan masyarakat semakin sejahtera, kesederhanaan, ketekunan dan kemuliaan dalam melaksanakan pekerjaan dan peran dalam kehidupan sehari-hari.  ***