PEKANBARU - Seorang ayah kandung di Pekanbaru, Riau, tega melakukan upaya percobaan pembunuhan terhadap anak kandungnya sendiri. Pelaku menyayat leher bagian belakang buah hatinya, lalu membuangnya ke daerah Pantai Cermin, Tapung.

Entah setan apa yang merasuki DE alias Dedi (38) sampai tega berupaya menghabisi nyawa anak kandungnya, sebut saja Bujang yang masih berumur 11 tahun. Beruntung si anak segera mendapat pertolongan warga sehingga nyawanya bisa terselamatkan.

Data yang dirangkum dari Mapolsek Bukit Raya, Bujang ditemukan dalam kondisi luka robek pada leher belakang. Usut punya usut, yang melakukan itu adalah ayah kandungnya sendiri, Dedi dan seorang rekannya berinisial Z alias Zul (26).

"Si anak ini ditemukan dalam kondisi terluka di Jalan Garuda Sakti KM 24 Desa Pantai Cermin Kecamatan Tapung pada Minggu tengah malam lalu. Diduga saat itu dia sengaja dibuang di sana. Maka kita lakukan penyelidikan," ungkap Kapolsek Bukit Raya, Kompol Ricky Richardo.

Setelah proses intrograsi dilakukan polisi, terungkaplah bahwa Bujang, ternyata dilukai oleh ayahnya sendiri, dengan niat untuk menghabisi nyawa anaknya. Namun rencana tersebut gagal dan Bujang ditolong warga. "Ada dua orang yang kita jadikan tersangka, DE dan Z," paparnya.

Selang satu hari setelah peristiwa, tepatnya Senin (14/3/2016), DE alias Dedi dan Z alias Zul pun ditangkap. Keduanya punya peran masing-masing, di mana si bapak bertugas menghabisi nyawa anaknya dan Zul bertugas membantu membuang tubuh korban (Bujang).

Terpisah, Kanit Reskrim Polsek Bukit Raya, Ipda M Bahari Abdi melanjutkan, selain kedua tersangka, polisi juga menyita barang bukti kejahatan berupa pecahan gelas kaca yang ditenggarai digunakan untuk melukai Bujang serta satu unit motor.

"Kita masih selidiki lebih dalam terkait motif upaya percobaan pembunuhan tersebut. Termasuk mendalami dugaan keterlibatan pihak lain. Dugaannya, usai korban dilukai, pelaku berusaha membuangnya ke Desa Pantai Cermin," jawab Ipda Bahari Abdi.

"Kalau lokasi (percobaan pembunuhannya, red) di Jalan Baru, Kelurahan Sidomulyo Timur Kecamatan Marpoyan Damai. Jadi setelah dilukai di sana (Jalan Baru), korban ini dibawa ke kawasan Desa Pantai Cermin," singkat Abdi, Selasa (15/3/2016) pagi. ***