SIAK SRI INDRAPURA - Pasca robohnya Mobile Bridge (MB) dan jembatan penyeberangan RoRo di Pelabuhan Tanjung Buton, Kampung Mengkapan, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Selasa (17/9/2019) sekitar pukul 13.32 WIB, pelayanan penyeberangan mobil penumpang dan angkutan barang lumpuh.

Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi langsung meninjau ke lokasi kejadian, usai mengantarkan Presiden RI Joko Widodo kembali ke Jakarta. Sebelum ke lokasi robohnya mb dan jembatan, mantan Bupati Siak ini menemui keluarga dari Riandi yang menjadi korban robohnya jembatan tersebut.

"Kita sudah usulkan ke Kementerian Perhubungan RI Ditjen Darat untuk memindahkan sementara pelayanan Penyeberangan RoRo Tanjung Buton ke Penyeberangan RoRo Sungai Selari (Pakning, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis)," kata Syamsuar kepada GoRiau.com.

Ia pun sudah melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis, Djoko Edy Imhar. Ia pun sudah memerintahkan Kepala Dinas Perhubungan Riau, Ir HM Taufiq Oesman Hamid MT, untuk segera mengurus perizinannya.

"Kepala Dinas Perhubungan Bengkalis, juga sudah menyampaikan kepada Bupati Bengkalis perihal pemindahan pelayanan penyeberangan RoRo Tanjung Buton ke Sungai Selari," ungkap Syamsuar.

Dirinya juga berharap, untuk kendaraan umum dan angkutan barang yang sudah mengantri di Penyeberangan RoRo Tanjung Buton, bisa diangkut kapal RoRo di Sungai Selari. "Setelah itu, buat spanduk pengumuman di daerah strategis pintu masuk Kabupaten Siak, menginformasikan penyeberangan RoRo Tanjung Buton ditutup sementara," jelasnya.

Ada tiga rute yang melayani penyeberangan Kapal RoRo dari Tanjung Buton, yaitu dari Tanjung Buton (Mengkapan) - Tanjung Balai Karimun (Kepulauan Riau), Tanjung Buton - Telaga Punggur (Batam), dan Tanjung Buton - Kampung Balak (Kepulauan Meranti). ***