PEKANBARU – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) siap memfasilitasi kebutuhan transaksi keuangan masyarakat, yang diproyeksi akan mengalami kenaikan jelang hari raya Idul Fitri 1443 H. BSI menyiapkan uang tunai sebesar Rp 11,09 triliun atau naik 113% dari periode yang sama tahun lalu.

Kebutuhan uang tunai tersebut telah memperhitungkan proyeksi kenaikan pengisian kas ATM sebesar 159% menjadi Rp 6,21 triliun.

Direktur Information Technology BSI Achmad Syafii mengatakan, saat ini BSI fokus untuk memastikan ketersediaan dana, terutama pada mesin ATM agar dapat berjalan baik untuk melayani kebutuhan nasabah, apalagi saat libur lebaran pada 29 april 2022 sampai 8 Mei 2022. Maka, untuk mengantisipasi kondisi tersebut, BSI akan memberlakukan kebijakan optimalisasi limit pengisian ATM (hingga maksimal 100%).

“Kami memperkirakan puncak transaksi tunai diprediksi akan terjadi pada dua pekan terakhir menjelang libur Lebaran, yang merupakan periode pembayaran gaji dan THR, serta selama cuti bersama mendatang,” kata Achmad Syafii.

Achmad Syafii menambahkan, untuk transaksi tarik tunai, transfer antar cabang dan pembayaran bulanan, nasabah dapat melakukan melalui jaringan e-channel BSI yang meliputi lebih dari 2.400 unit ATM yang tersebar di seluruh Indonesia dan terhubung ke dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, Electronic Data Capture (EDC).

Di samping itu, lebih dari 300 kantor cabang BSI yang tersebar di seluruh Indonesia akan tetap akan beroperasi secara terbatas dan melayani nasabah secara bergantian pada periode Idul Fitri 1443 H, yakni antara tanggal 29 April hingga 6 Mei 2022. Layanan perbankan yang diberikan pada periode tersebut meliputi setoran, penarikan tunai serta layanan transfer sesama BSI, Penebusan DO Pertamina dan pembukaan rekening.

“Pengoperasian cabang-cabang ini merupakan implementasi komitmen kami agar dapat terus melayani kebutuhan nasabah. Adapun pemilihan cabang operasional kami fokuskan kepada Kantor Cabang Utama, khususnya di lokasi publik,” ujar Achmad Syafii.

Adapun informasi lengkap tentang cabang-cabang yang operasional pada periode libur tersebut dapat diakses melalui www.bankbsi.co.id serta layanan contact center BSI 14040.

Di samping layanan elektronik, BSI juga memiliki lebih dari 7.000 agen BSI Smart yang tersebar di berbagai wilayah. Agen BSI Smart ini menjadi kepanjangan tangan BSI dalam membantu nasabah melakukan transaksi keuangan seperti tarik dan setor tunai, transfer antar rekening BSI dan bank lain, pembayaran PLN, BPJS, serta pembelian pulsa dan sebagainya.

BSI juga terus mengimbau nasabah untuk meningkatkan pemanfaatan jaringan elektronik lainnya seperti layanan BSI Mobile. "Saat ini, Seluruh transaksi pembayaran sudah bisa dilakukan secara online melalui aplikasi BSI Mobile pada smartphone nasabah," kata Achmad Syafii. ***