DUMAI - Zebra cross merupakan tempat penyeberangan di jalan yang diperuntukkan bagi pejalan kaki yang akan menyeberangi jalan dan dinyatakan dengan marka jalan berbentuk garis membujur warna putih. Namun, di Kota Dumai, Riau, justru menjadi tempat untuk berhentinya sepeda motor.

Pantauan GoRiau.com (GoNews Grup) saat berada di Jalan Sudirman tepatnya di Simpang Empat Mapolres Dumai antara Jalan Sultan Syarif Kasim dan Sudirman, terlihat empat unit sepeda motor dengan santai berhenti tepat di zebra cross saat lampu merah menyala.

Kejadian ini tentunya sangat memalukan, dimana hak dari pejalanan kaki sudah direbut oleh pengemudi sepeda motor yang sengaja berhenti di zebra cross. Seharusnya saat lampu merah menyala, sepeda motor berhenti dibelakang garis lurus zebra cross, bukan diatas zebra cross.

Bahkan, yang membuat miris dan berbahaya, banyak pengemudi sepeda motor yang sering menerobos saat lampu lalu lintas menyala merah di persimpangan Mapolres Dumai. Pengemudi sepeda motor yang menerobos lampu merah tentunya bisa membahayakan dirinya sendiri dan pengemudi kendaraan lainnya.

Hal ini merupakan bukti kesadaran tertib lalu lintas masyarakat masih minim. Bahkan, masih ada ditemukan pengemudi sepada motor dan yang diboncengi tidak menggunakan helm. Bahkan ada yang terbalik, yang diboncengi justru yang menggunakan helm, sementara yang mengemudikan sepeda motor tidak memakai helm.

Baca juga:

- Minimnya Kesadaran, Polres Dumai Ajak Masyarakat Tertib Berlalu Lintas

Untuk membuat masyarakat tertib lalu lintas memang bukan hal yang mudah. Perlu dukungan semua pihak untuk menyadari akan pentingnya keselamatan di jalan raya. Keselamatan di jalan raya merupakan peran bersama, untuk menjadi pelopor keselamatan berawal dari diri sendiri.*** #KLIK Disini Untuk Baca Berita DUMAI