PEKANBARU - Seorang wanita berinisial IVP melahirkan tanpa bantuan bidan atau tenaga medis dalam gubuk di hutan kota, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Provinsi Riau, Senin (17/2/2020), sekitar pukul 04.00 WIB.

Dikutip dari okezone.com, gubuk tempat IVP tinggal dan melahirkan itu hanya sekitar 200 meter dari rumah dinas Gubernur Riau.

''Ada dua warga yang membantu melahirkan. Namun beberapa saat kemudian, keluar cairan berwarna kuning dan hijau dari mulut bayi tersebut. Tidak lama bayi tersebut meninggal,'' kata Kapolresta Pekanbaru Kombes Nandang Mu'min Wijaya, Senin (17/2/2020).

Pihak kepolisian baru mendapat informasi tersebut pada pukul 10.00 WIB. Petugas pun langsung datang ke lokasi kejadian.

Selanjutnya petugas mengevakuasi IVP ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Ahmad yang tidak jauh dari hutan kota. IPV kemudian mendapatkan perawatan khusus tim medis.

Nandang menjelaskan, IVP sudah sejak November 2019 tinggal di dalam hutan kota. Untuk membiayai kebutuhan sehari-hari, dia beraktivitas sebagai pengemis.

Nandang menyebutkan IVP diduga hamil karena memiliki hubungan gelap dengan seorang pria berinisial J. Hubungan itu sudah mereka lakukan sejak berada di Batam, Kepulauan Riau. Namun setelah IVP hamil, J tidak mau bertanggung jawab.

''Bayinya dilahirkan tanpa bantuan tenaga medis. Bayi yang meninggal itu berjenis kelamin laki-laki,'' sambung Nandang. ***