FINLANDIA - Dua ribu warga negara Finlandia, baik yang bekerja maupun yang menganggur mendapatkan penghasilan cuma-cuma dari negara sebesar USD 587 atau setara Rp7,9 juta per bulan. Program ini mulai diberlakukan Januari 2017.

Dilansir dari CNN Money, latar belakang pembuatan program ini ialah guna memberikan jaminan kesejahteraan kepada para pekerja. Sebab, perkembangan teknologi saat ini telah menekan jumlah penggunaan sumber daya manusia.

Selain itu, dana bantuan ini akan memberikan para pengangguran di negara tersebut jaminan biaya hidup sebelum mereka mendapatkan pekerjaan baru. Program ini akan diujicoba dalam dua tahun.

Para penerima bantuan akan dipilih secara acak. Dana bantuan yang mereka belanjakan ini juga bebas pajak. Jika program ini sukses, maka rencananya akan diperluas untuk seluruh penduduk usia kerja Finlandia.

Finlandia berpikir bahwa program ini akan menghemat lebih banyak anggaran belanja pemerintah untuk jangka panjang. Pasalnya, sistem kesejahteraan Finlandia cukup kompleks dan memakan biaya besar.***