JAKARTA – Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra wafat di rumah sakit di Selangor, Malaysia, pada Ahad (18/9/2022). Jenazah Azyumardi Azra akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, hari ini, Senin (19/9/2022).

''Almarhum belum bisa pulang kembali ke Tanah Air ya. Update masih di RS Serdang (Malaysia) bersama Dubes Hermoni (Dubes RI di Malaysia) Hermono. Kemungkinan kepulangan beliau (ke Indonesia) besok (Senin, 19 September 2022),'' kata sekretaris pribadi Prof Azyumardi Azra, Vemi Nurbaini, di rumah duka di kawasan Ciputat Timur, Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, Ahad (18/9/2022), seperti dikutip dari Republika.co.id.

Vemi mengatakan, dirinya terus berkomunikasi dengan istri almarhum yang saat ini berada di RS Serdang, Selangor, Malaysia bersama dengan anaknya untuk mendampingi jenazah Azyimardi. Sembari menunggu jenazah, Vemi menyebut, kegiatan yang dilakukan di rumah duka pada Ahad malam adalah tahlilan. 

Vemi menjelaskan Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta itu dimakamkan di TMP Kalibata karena penerima Bintang Mahaputera.

''Rencananya dimakamkan di TMP Kalibata Blok Z. Saya sedang menyiapkan data-data Bapak. Kan beliau menerima Bintang Mahaputera, jadi disiapkan di TMP,'' kata dia. 

Prof Azyumardi diketahui menerima Piagam Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera Utama dari Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada 9 Agustus 2005. Penghargaan itu diperoleh saat menjabat sebagai Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 

Sebelumnya, Prof Azyumardi Azra dikabarkan wafat pada Ahad (18/9/2022) sekira pukul 11.30 WIB atau 12.30 waktu Malaysia. Pihak RS Serdang, Selangor mengonfirmasi bahwa almarhum mengalami kelainan pada jantung.***