SURABAYA – Tim Wushu DKI Jakarta merajai nomor kungfu pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wushu 2022 memperebutkan Piala Presiden. Dalam pertandingan yang digelar di Graha Universitas Negeri Surabaya (UNES) Surabaya, Jawa Timur, Minggu (18/9/2022), Tim yang dipimpin Herman Wijaya ini mengoleksi 3 emas, 3 perak dan 1 perunggu.

Medali emas pertama DKI Jakarta disumbangkan Ario Bijak Prabawa dari jurus Wing Chun Butterflay Swords di kelompok putra. Pada penampilan perdana di event resmi Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) pimpinan Airlangga Hartarto, Ario mencatat 8,02 poin.

Medali perak direbut rekannya, Muhammad Rifki dengan 7,65 poin. Begitu juga dengan perunggu didapat Jacky Wijaya dengan 7,63 poin.

Kesuksesan Ario diikuti Sasky Aisyahwara Nadia yang turun pada jurus Wing Chun Butterflay Swords kelompok putri. Sasky meraih emas kedua DKI Jakarta dengan meraih 7,72 poin. Medali perak direbut Alexandra Dwi Putri dari Sumatera Utara (Sumut) dengan 7,56 poin dan Aida Najma Chumaira (Jawa Tengah) dengan 6,81 poin harus puas mendapat perunggu.

Emas ketiga DKI Jakarta disumbangkan Jacky Wijaya yang membawakan jurus Wing Chun Mok Yan Jong. Jacky meraih 8,23 poin. Medali perak direbut Ario Bijak Prabawa (DKI Jakarta) dengan 8,17 poin dan. Andi Stevenli dari Sumut meraih perunggu dengan 8,13 poin. Satu-satunya medali emas tersisa direbut atlet kungfu putri asal Sumut, Alexandra Dwi Putri yang mendapat penilaian terbaik saat membawakan jurus Wing Chun Mok Yan Jong.

Alexandra meraih 8,14 poin. Medali perak direbut Sasky Aisyahwara Nadia (DKI Jakarta) dengan 8,05 poin dan Audrey Fabian (Jawa Timur) meraih perunggu dengan 7,92 poin .

Wasit juri kungfu dan taolu, Pierre Prawira mengatakan, penampilan atlet kungfu yang tampil pertama kali dalam Kejurnas Wushu ini cukup bagus. Hanya saja, katanya, memang perlu ada penyempurnaan terutama masalah teknis gerakan. "Secara keseluruhan penampilan atket kungfu di kejurnas cukup lumayan. Dan, saya yakin mereka akan bisa memperbaiki penampilan pada event berikutnya," ujarnya.

Hasil Lengkap Kejurnas Wushu Nomor Kungfu, Minggu (18/9/2022):

Wing Chun Butterflay Swords Putra :
1. Ario Bijak Prabawa (DKI Jakarta) 8,02 poin
2. Muhammad Rifki (DKI Jakarta) 7,65 poin
3. Jacky Wijaya (DKI Jakarta) 7,63 poin

Wing Chun Butterflay Swords Putri :
1. Sasky Aisyahwara Nadia (DKI Jakarta) 7,72 poin
2. Alexandra Dwi Putri (Sumatera Utara) 7,56 poin
3. Aida Najma Chumaira (Jawa Tengah) 6,81 poin

Wing Chun Mok Yan Jong Putra :
1. Jacky Wijaya (DKI Jakarta) 8,23 poin
2. Ario Bijak Prabawa (DKI Jakarta) 8,17 poin
3. Andi Stevenli (Sumatera Utara) 8,13 poin

Wing Chun Mok Yan Jong Putri:
1. Alexandra Dwi Putri (Sumatera Utara) 8,14 poin
2. Sasky Aisyahwara Nadia (DKI Jakarta) 8,05 poin
3. Audrey Fabian (Jawa Timur) 7,92 poin ***