PEKANBARU - Saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sedang menjalankan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk 6 daerah, yakni Pekanbaru, Dumai, Siak, Bengkalis, Pelalawan dan Kampar. Untuk memaksimalkan PSBB, sejumlah personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Riau dan Dinas Perhubungan (Dishub) Riau ditempatkan di perbatasan Riau dengan provinsi lainnya.

Kepala Dishub Riau, Taufiq Oesman Hamid didampingi Kasi Wasdal Lalin dan Angkutan Jalan Suardi mengatakan kepada GoRiau.com, bahwa untuk personil Dishub Riau yang ditempatkan di lima perbatasan Riau ada 20 personil. Dimana setiap posko check point Covid-19 ada empat personil Dishub Riau.

"Personil yang ditempatkan pada 5 perbatasan digantikan setiap seminggu sekali dengan kekuatan yang sama. Saat ini belum ada penambahan personil yang akan dikirimkan ke sana. Sebab kita juga bergabung dengan TNI, Polri dan Satpol PP Riau di posko tersebut," kata Taufiq, Rabu (20/5/2020).

Sementara itu, Kepala Satpol PP Riau, Zainal Z didampingi Kabid Ops, Deddy Herman Rasyid mengatakan kepada GoRiau.com, bahwa jumlah personil Satpol PP Riau yang ditempatkan untuk 5 posko perbatasan ada 20 personil. Jadi, masing-masing posko ada 4 personil yang ditempatkan.

"Jumlah total posko check point Covid-19 yang kita bantu pengamanannya sebanyak 20 posko dengan kekuatan personil ada 160 orang," ujar Ekadinata saat ditemui di Gedung Daerah.

Terpisah Wakil Gubernur Riau, Edy Nasution menjelaskan kepada GoRiau.com, bahwa lima Pos Check Point Covid-19 di perbatasan Riau, yaitu Kecamatan Tambusai, Kabupaten Rokan Hulu (berbatasan Sumatera Utara), Kecamatan XIII Koto, Kabupaten Kampar (berbatasan Sumatera Barat), Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir (berbatasan Jambi), Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi (berbatasan Sumatera Barat), dan Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir (berbatasan Sumatera Utara).

 "Untuk penambahan personil Satpol PP dan Dishub Riau diperbatasan Riau dengan provinsi lainnya, mereka yang menentukan. Sebab mereka yang lebih tahu kondisi di lapangan. Kan sudah ada laporan hariannya," ungkap Edy Nasution.

Edy Nasution juga mengingatkan petugas yang bertugas di lapangan untuk lebih mengedepankan profesionalitas sebagai petugas dan tidak membebankan masyarakat, apalgi menyulitkan.

"Mari kita bekerja dengan semangat, meskipun ada sejumlah petugas yang tidak merayakan Idul Fitri dengan keluarga tercinta, dikarenakan amanah tugas yang dijalankan," jelas Edy Nasution. ***