PEKANBARU – Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru belum berencana melakukan lelang pengelolaan pihak ketiga atas Pasar Sail yang terletak di Jalan Hangtuah Ujung, Kota Pekanbaru. Kepala Bidang Pasar Disperindag Kota Pekanbaru, Hendra Putra mengatakan pemerintah sementara ini akan mengelola dan menata pasar tersebut dalam kewenangan Disperindag Pekanbaru, Kamis (29/9/2022).

"Kita ini fokuskan dulu agar pasar ini bisa bersih dan tertata dengan baik. Sehingga baik penjual maupun pembeli merasa nyaman," ujarnya.

GoRiau

Ia menyebut, sudah bersepakat dengan pedagang yang berada di luar pagar pembatas pasar agar masuk dan berjualan di dalam pasar. Sehingga halaman luar pasar bisa menjadi lokasi parkir.

"Kita sudah sepakati. Agar para pedagang diluar pagar pasar masuk kedalam, karena mereka ini adalah pedagang kuliner untuk sore dan malam. Paling lambat hari Jumat besok sudah pindah mereka," jelasnya.

GoRiau

Selain itu, Hendra juga mengaku telah bersinergi dengan DLHK Pekanbaru, Camat Sail, Lurah Sukamulia, ketua LPM Kecamatan Sail, dan RT/RW setempat untuk menggelar gotong royong di pasar itu. Pasar sail yang dikelola oleh Disperindag Pekanbaru diharapkan dapat berkembang lebih baik.

Sebelumnya, Kepala Disperindag Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan pasca habis kontrak pengelolaan Pasar Sail bersama PT Riau Kerta Raharja, belum ada pihak ketiga yang berminat untuk melanjutkan mengelola pasar itu. ***