JAKARTA - Peminat sepeda motor jenis skuter matik sangat banyak di Indonesia, angka penjualannya bisa mencapai lebih dari 80 persen setiap bulan.

Salah satu model yang digemari yakni yang memiliki bodi bongsor, seperti Yamaha Nmax dan Honda PCX. Dua motor ini disukai, karena nyaman dikendarai serta dibekali dengan fitur canggih.

Desain keduanya sangat berbeda, Nmax tampil dengan konsep sporty sementara PCX mengusung bentuk yang elegan. Dua motor tersebut merupakan produk global, artinya dipasarkan di banyak negara lain. Tak heran, apabila kemudian beberapa pabrikan lain menghadirkan pesaingnya.

Dilansir dari laman Greatbiker, Selasa 29 Juni 2021, salah satunya yakni SanYang Motor, atau lebih dikenal dengan nama SYM. Perusahaan asal Taiwan itu baru saja menghadirkan versi baru dari skuter matik DRG 160i mereka, dengan ubahan pada bertambahnya pilihan warna.

SYM merancang desain motor ini dengan tampilan futuristik, terlihat dari wujudnya yang ekstrem di bagian belakang. Berbeda dengan Nmax dan PCX, DRG 160i hanya memakai satu peredam kejut saja, sehingga jok tampak melayang.

Kekuatan dan tinggi peredam kejut tersebut bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Agar pembonceng tetap aman dari cipratan air, dipasang penutup pada roda belakangnya.

Kesan offroad tampak pada bagian setang, yang sengaja dibuat terbuka. Panel isntrumen mengandalkan layar digital, yang tidak silau meski terpapar sinar matahari.

Jantung pacunya memiliki spesifikasi satu silinder berkapasitas 158cc, yang bisa menghasilkan 14,6 daya kuda serta torsi 14,6 Newton meter. Sayangnya, tidak disebutkan berapa harganya.***