JAKARTA - Vespa dikenal sebagai salah satu produsen sepeda motor, yang kerap menawarkan produk dengan embel-embel edisi khusus.

Strategi ini dilakukan, karena pasar produk otomotif yang dijual dalam jumlah terbatas sangat besar. Orang senang memiliki barang, yang jumlah unitnya terbilang sedikit karena hal itu memberi kesan eksklusif.

Teknik pemasaran ini juga ideal untuk pabrikan yang bernaung di bawah bendera Piaggio Group itu, karena tampilannya bisa diubah dengan berbagai macam konsep. Mulai dari desain santai, sporty bahkan hingga balap.

Misalnya, tahun lalu mereka berkolaborasi dengan Sean Wotherspoon meluncurkan Vespa Primavera edisi terbatas, kemudian ada juga Sprint dengan konsep Racing Sixties. Terakhir yakni Picnic Edition yang diresmi dipasarkan di Tanah Air pada April lalu.

Kini, PT Piaggio Indonesia kembali membuka selubung motor baru yang mengusung konsep 75th Anniversary Limited Edition. Edisi ini dibuat, untuk merayakan ulang tahun perusahaan yang ke-75.

"Setelah 75 tahun mengalami berbagai perubahan besar dan menyaksikan perubahan perilaku dari berbagai generasi, kami bangga dapat menyaksikan bagaimana Vespa tetap relevan di dunia sampai saat ini," ujar Presiden Direktur PID, Marco Noto La Diega saat konferensi pers virtual, Senin 28 Juni 2021.

Edisi baru ini hadir dalam dua model, yakni Vespa Primavera 150 dan Vespa GTS 300 HPE. Keduanya dibalur dengan kelir kuning metalik, yang terinspirasi dari tren fesyen era 1940-an.

Ada emblem edisi spesial dipasang di bodi, serta angka 75 di beberapa bagian. Kesan klasik makin kental berkat pemasangan rak belakang, yang dibekali dengan tas bundar mirip ban cadangan.

Model Primavera edisi terbatas ini ditawarkan dengan harga Rp64 juta on the road Jakarta. Sementara, GTS 300 HPE varian spesial ini dibanderol Rp175 juta.***