SIAK SRI INDRAPURA - Pemkab Siak disebut-sebut sudah menyediakan lahan hibah untuk pembangunan Rutan Siak yang baru. Hal itu sudah lama ada jauh sebelum peristiwa kerusuhan hingga Rutan Siak IIB terbakar, Sabtu (11/5/2019).

Hal itu dibenarkan langsung oleh Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi, Senin (13/5/2019) saat kedatangan Menteri Hukum dan HAM Yasonna  Laoly ke Riau untuk meninjau kondisi lapas di Siak pasca kerusuhan baru-baru ini.

"Saat saya menjabat Bupati Siak dulu, Pemkab Siak sudah menghibahkan lahan untuk pembangunan baru Rutan Siak. Karena Rutan yang ada sudah over kapasitas dan perlu dibangun yang baru," kata Syamsuar.

Dengan kedatangan Kemenkumham ini, Gubri juga akan membahas pemanfaatan lahan yang sudah dihibahkan Pemkab Siak ke Kemenkum HAM sejak 2018 lalu.

Ads
"Kedatangan Kemenkumham ini suatu bukti perhatian dan tanggungjawab pemerintah pusat terhadap kejadian di Rutan Siak kelas IIB. Semoga dengan kunjungan Menteri dapat diprioritaskan pembangunan Rutan Siak yang baru," kata Syamsuar.

Yasonna Laoly tiba di VIP Bandara SSK II Pekanbaru sekitar pukul 09.50 Wib dan disambut langsung oleh Gubernur Riau serta Kepala Kanwil Kumham Riau, M Diah dan sejumlah Kalapas di Riau. ***