SELATPANJANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti, menerima kunjungan kerja (kunker) perdana rombongan Universitas Islam Riau (UIR), Pekanbaru pada Sabtu (21/9/2019) sore.

Kunker dalam rangka promosi UIR ke masyarakat Kepulauan Meranti itu diisi dengan laga persahabatan antara Sago Old Star versus PS Doskar dilapangan Sepakbola Gelora, Selatpanjang, Kecamatan Tebingtinggi.

Kedatangan rombongan UIR, kata Asisten III, Rosdaner didampingi Ketua Asosiasi Kabupaten Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (Askab PSSI) Kepulauan Meranti, Heri Saputra SH, dipimpin oleh Guru Besar Prof Dr H Yusri Munaf MSi didampingi Asisten Direktur II Pasca Sarjana Dr Syahrul Akmal Latief MSi, Ketua Prodi Magister Ilmu Pemerintahan Pasca Sarjana Dr H Rahyunir Rauf MSi, beserta Dosen, karyawan dan mahasiswa Pasca Sarjana.

"Merupakan kehormatan besar bagi kita. Aalagi rombongan dipimpin langsung guru besar UIR. Mudah-mudahan ini bisa membuka peluang besar untuk anak Meranti untuk kuliah di UIR. Kunker perdana mereka ini juga jadi ajang silaturahmi bersama Forkompinda dan masyarakat," ujar Heri yang juga selaku Kabag Humas dan Protokol Setdakab, disela menonton laga persabatan sore kemarin.

Diakuinya, banyak mahasiwa yang kuliah di UIR berasal dari Meranti. Tidak hanya untuk program studi Strata Satu (S1), tapi juga Pasca Sarjana (S2). Ini merupakan suatu kebanggan bagi Meranti terhadap putra-putri daerah yang berkesempatan menimba ilmu di perguruan tinggi tersebut.

"UIR bahkan menawarkan kepada kita bagi anak yang berprestasi untuk kuliah disana melalui jalur khusus," ungkapnya.

Ketua Program Studi (Prodi Magister Ilmu Pemerintahan Pasca Sarjana UIR, Dr H Rahyunir Rauf MSi menyampaikan, pihaknya ingin menjalin hubungan silaturahmi yang baik dengan Pemkab, DPRD, Polres, dan Forkompinda di Kepulauan Meranti.

"Intinya, kita datang ke sini ini untuk mempromosikan Kampus. Sekaligus bersilaturahmi dengan alumni UIR yang berasal dari Meranti. Sebab, ini juga sebagai salah satu nilai akreditasi bagi kita," ungkap Rahyunir menyebut bahwa laga persahabatan tersebut merupakan wadah bagi dosen dan karyawan UIR menyalurkan hobi olahraga.

Mantan Pembantu Rektur (PR) III UIR itu menambahkan, pihaknya membuka kesempatan bagi anak asal Meranti untuk kuliah disana. Mereka mengutamakan yang berprestasi untuk di rekrut dan diberikan bantuan beasiswa.

"Tidak sebatas itu saja, ada pula kerjasama terkait dengan penerimaan mahasiswa pasca sarjana. Dimana, tahun ini ada 2 Kelas khusus dari Meranti. Jumlahnya sekitar 40 orang di tahun ajaran ini. Kemudian, dari Kepulauan Riau juga ada yang ikut. Kita tidak menyediakan kelas jauh, sebab itu tidak diperbolehkan," jelasnya.

Untuk memperkuat kerjasama bidang pendidikan, UIR juga sudah roadshow dan MoU dengan 12 kabupaten/kota di Riau, termasuk Kepulauan Meranti.

Untuk diketahui, laga persahabatan antar PS Sago Old Star Meranti versus PS Doskar UIR berakhir dengan skor 1:2. PS Doskar tampil apik dipertandingkan tersebut. (advertorial)