TELUKKUANTAN - Dengan kondisi keuangan yang terseot-seot saat ini, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau harus mampu menggali sumber lain, supaya Pendapatan Asli Daerah (PAD) meningkat.

"Sangat banyak wajib pajak yang bisa menaikkan PAD. Seperti pengusaha kebun di Kuansing, mereka bisa dikatakan sebagai 'mafia tanah'," ujar Zubirman, SH selaku tokoh muda Kuansing kepada GoRiau.com, Rabu (4/1/2017) siang di Telukkuantan.

Sebagai advokat yang sering memberikan pendampingan kepada masyarakat, Zubirman selalu mencium adanya 'permainan' pengusaha kebun agar terhindar dari wajib pajak.

"Misalnya, ada warga yang mencuri sawit di kebun Si A. Tapi, setelah dilihat legalitasnya, itu bukan kebun dia. Ternyata, pengusaha-pengusaha ini sengaja memecah sertifikat tanah, biar terhindar dari pajak," jelas Zubirman.

Menurut Zubirman, jika para 'mafia tanah' ini dikejar, maka PAD Kuansing akan meningkat. Jangan hanya mengandalkan dana pusat yang semakin hari semakin berkurang.

"Saya yakin, jika wajib pajak seperti pengusaha kebun dikejar, maka PAD akan lebih besar," pungkas Zubirman. *** #KUANSING