BENGKALIS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) mengalokasikan sebanyak 14.950 paket sembako untuk pasar murah Ramadan tahun ini atau senilai Rp3,4 miliar. Paket sembako murah ini diperuntukkan bagi masyarakat dari keluarga kurang mampu.

Untuk itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Bengkalis, H. Raja Arlingga melalui Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan, M. Jefri mengimbau kepada seluruh penyedia atau pemenang lelang pengadaan kebutuhan pokok pasar murah yang sudah ditetapkan dan diumumkan di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Bengkalis untuk segera melapor sehingga dalam pelaksanaannya nanti tepat waktu dan tepat sasaran.

Karena untuk pendistribusian paket sembako pasar murah akan didistribusikan menyesuaikan dengan jadwal Safari Ramadan kepala daerah yang dijadwalkan 7-22 Mei 2019.

"Kita juga mau mendengar penjelasan dari penyedia bagaimana teknis pendistribusiannya. Sehingga dalam pelaksanaannya nanti agar tepat waktu dan tepat sasaran," ungkap M. Jefri kepada wartawan, Rabu (24/4/2019).

Belasan ribu paket sembako murah ini dibagi ke dalam 4 regional. Yaitu regional I terdiri dari Kecamatan Bengkalis sebanyak 2.600 paket dan Kecamatan Bantan sebanyak 2.500 paket, regional II terdiri dari Kecamatan Bukit Batu sebanyak 800 paket, Siak Kecil 850 paket dan Bandar Laksamana 500 paket.

Selanjutnya untuk regional III, yaitu Kecamatan Mandau sebanyak 1.700 paket, Pinggir 1.800 paket, Bathin Solapan 900 paket dan Talang Muandau 800 paket. Terakhir regional IV untuk Kecamatan Rupat 1.500 paket dan ke Rupat Utara 1.000 paket.

''Bahan pokok yang dijual dalam kegiatan pasar murah khusus untuk keluarga kurang mampu terdiri dari tiga komoditi, yaitu beras 10 kilogram, minyak goreng 2 liter dan gula pasir 3 kilogram. Satu paket bahan pokok tersebut harga normal di pasaran berkisar Rp300 ribu dan akan dijual ke masyarakat kurang mampu dengan harga Rp50 ribu. Sisanya disubsidi pemerintah,'' ujarnya.

Adapun perusahaan pemenang lelang pengadaan paket sembako murah untuk Regional I (Bengkalis- Bantan) CV. Hok Kaido dengan harga penawaran Rp1,004 miliar lebih, Regional II (Bukit Batu, Bandar Laksamana dan Siak Kecil) CV. Putra Adi Perkasa dengan nilai penawaran Rp407 juta lebih, Regional III (Kecamatan Mandau, Pinggir, Bathin Solapan dan Talang Muandau) CV. Hok Kaido dengan nilai penawaran Rp1,060 miliar lebih dan untuk Regional IV (Rupat dan Rupat Utara) CV. Hok Kaido dengan nilai penawaran Rp533 juta lebih.***