PEKANBARU - Staf Ahli Menteri Muamalat Salat Arab Saudi Abdul Karim Awadh Asswani, menyampaikan pesan dan salam Imam Masjidilharam Syekh Abdullah Ibn Ali Basfar yang ingin bertemu Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi.

Syamsuar menceritakan, dirinya dulu pernah bertemu dengan Imam Masjidilharam Syekh Abdullah Ibn Ali Basfar di tanah suci Makkah. Saat dibukannya ibadah umrah nanti, imam masjidilharam yang memiliki suara merdu ini ingin bertemu dengan Syamsuar.

"Saya kenal dan pernah bertemu beliau (Syekh Abdullah Ibn Ali Basfar)," ungkap Syamsuar kepada GoRiau.com, Jumat (23/8/2019) usai ramah tamah dengan Staf Ahli Menteri Muamalat Salat Arab Saudi, Imam Besar Kerajaan Dr Abdurrahman, dan Presiden Yawatim ASEAN Dato Prof Dr Tengku Mahmud Bin Mansor di Balai Pelangi.

Staf ahli muamalat salat Arab Saudi juga bertanya kepada Syamsuar kenapa Jamaah Haji dan Umrah dari Indonesia khususnya Riau baik-baik orangnya dan apa resepnya. Syamsuar pun menjawab, oleh Presiden RI sudah diintruksikan sebelum berangkat menjalankan ibadah haji dan umroh melakukan manasik.

"Segala petunjuk yang diberikan saat manasik diikuti oleh jamaah yang menjalankan ibadah haji dan umrah. Itulah kenapa beliau bilang jamaah dari Indonesia terkhusus Riau, baik orangnya," ungkap Syamsuar.

Pemerintah Arab Saudi, dikatakan Syamsuar, juga memuji jamaah haji dan umrah asal Indonesia yang tertib saat menjalankan ibadah. Hal ini menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia yang diakui Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

"Hal ini menjadi kebanggaan bagi kita yang harus dijaga. Dengan kehadiran perwakilan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi di Riau, bisa menjalani kerjasama yang baik dengan Pemerintah Provinsi Riau," jelas Syamsuar. ***