BANDUNG - Hasil tes Covid-19 pemain Persib Bandung dengan cara Swab/PCR menyatakan negatif. Dokter tim Rafi Ghani memberikan keterangan lebih lanjutnya Senin (6/7/2020). Selain pemain, staf pelatih dan ofisial tim yang menjalani tes Jumat (3/7/2020) lalu dinyatakan negatif Corona.

"Hasil pemeriksaan Swab PCR dari 48 orang peserta dari mulai pelatih, pemain, ofisial, dan orang-orang yang nantinya terlibat dalam latihan pada tahap pertama ini Alhamdulillah hasilnya semua negatif," terang dokter.

Persib sendiri mengundurkan rencana latihan tim. Semula Robert Alberts menjadwalkan latihan perdana--pasca libur karena wabah Covid-19--pada Senin (6/7) ini. Namun itu urung digelar tersebab belum seluruh pemain bergabung dan menjalani tes, sosialisasi latihan di situasi new normal juga baru dilakukan di hari itu.

Tes Corona tahap kedua segera akan dilakukan Persib, diperuntukkan bagi pemain yang berada di luar Bandung. Adalah mereka yang pulang kampung seperti Supardi, Ghozali Siregar, Zulham Zamrun, Ardi Idrus, Frets Butuan, dan Beni Oktovianto. 

"Pemain yang belum bergabung, dan nantinya akan bergabung kita akan terapkan protokol kesehatan yang pertama. Jadi orang yang mau latihan itu harus melewati PCR dulu, dinyatakan negatif. Itu untuk lokal," papar Rafi.

Sementara untuk pemain asing, dengan adanya aturan dari otoritas bandara (dimana setiap orang yang hendak bepergian ke luar negeri harus mengantongi surat negatif Corona dengan test PCR), dokter harap Wander Luiz, Geoffrey Castillion, dan Omid Nazari sudah mengantongi surat negatif tersebut.

"Untuk pemain asing sebelum datang ke negara kita, mereka sudah berbekal surat PCR dari negaranya," tandas dokter. ***