PEKANBARU -Partai koalisi pengusung Paslon Rizal Zamzami-Yoghi Susilo, PKS dan PKB memahami bahwa peluang mereka untuk menang di Pilkada Indragiri Hulu sangat tipis, mengingat PSU hanya dilaksanakan di 1 TPS saja.

"Persiapan internal sudah kita lakukan, kita sudah mapping dua daerah tersebut. Selisih suara kita 285, sementara sisa suara 307. Memastikan 300 orang memilih kita adalah hal yang tidak mudah, memang banyak pandangan sinis, tapi kita optimis bisa menang," kata Sekretaris DPW PKB Riau, Ade Agus Hartanto, Kamis (15/4/2021).

Pihaknya, lanjut Ade, sangat menghargai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK), dan dia berharap keputusan ini bisa dijalankan dengan baik, dan kecurangan-kecurangan sebelumnya jangan sampai terjadi lagi.

Terkait peran dari Juru Kampanye (Jurkam) Rizal Zamzami - Yoghi Susilo, Ustadz Abdul Somad, Ade mengatakan beberapa waktu lalu pihaknya sempat berjumpa dengan UAS di Inhu.

"Beberapa minggu yang lalu jumpa kita jumpa dengan UAS, kita juga diskusi soal Pilkadalkada. Kita harap minimal beliau mendoakan kemenangan, baik di Inhu maupun Rohul," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Bappilu PKS Riau, Markarius Anwar membantah jika PSU di Inhu adalah 'mission impossible', meskipun dia mengaku bahwa peluang untuk menang sangat tipis, yang penting ikhtiar terus dilakukan.

"Kami tetap berikhtiar, dan DPW sudah turun ke Inhu untuk mengumpulkan kader-kader dan pengurus partai. PKB juga sudah gerak, dan kami juga sudah konsolidasi di Inhu sebelum ramadhan. Mudah-mudahan di bulan berkah ini, Allah bukakan jalan untuk kemenangan kita," singkatnya.

Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) diputuskan diselenggarakan pada saat bulan suci Ramadan. Rencananya pelaksanaan PSU Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) digelar pada tanggal 20 April 2021.

Sebagai informasi, PSU akan dilakukan di TPS 03, Desa Ringin, Batang Gangsal. Di TPS tersebut, ada sekitar 307 Daftar Pemilih Tetap (DPT), sementara selisih suara 308 suara.

Pasangan Rezyta Meylani - Junaedi Rachmat sendiri dalam rapat pleno KPU Inhu memperoleh suara sebanyak 50.356, jika dikurangkan hasil dari perolehan di TPS 03, maka total perolehan suaranya menjadi 50.319

Sementara Rizal Zamzami - Yoghi Susilo memperoleh suara 50.048, pasangan yang diusung PKB dan PKS ini memperoleh suara 14 di TPS 03, jika dilakukan penghitungan ulang, maka total suaranya adalah 50.034.

Artinya, selisih suara antara kedua pasangan ini adalah 285. Selisih ini tentunya sulit diraih mengingat pada hari pemilihan lalu, TPS tersebut merupakan basis suara Wahyu Adi - Supriati.

Wahyu Adi - Supriati memperoleh suara 67, Siti Aisyah - Agus Rianto 66 suara, Nurhadi - Toni Sutianto 49 suara, Rezyta Meylani - Junaedi 37 suara dan Rizal Zamzami - Yoghi Susilo 14 suara. ***