MEDAN - Pelaku pembacokan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) berinisial AD (35), berhasil diringkus, Selasa (27/7/2021) malam.

Pelaku diketahui adalah Warga Panjang Bidang Kelurahan Gunting Saga. Palaku membacok Ketua MUI Labura H Amirnurrasyid Aruan hingga tewas.

Saat ditemukan, posisi korban yang juga Kepala MAS Al Washliyah Aek Kanopan ini berada di selokan dengan posisi telungkup

Selain itu ditemukan sepeda motor milik korban Honda legenda beserta topi di badan Jalan Utama Lingkungan II Panjang Bidang.

Hal itu diungkapkan Kanit Reskrim Polsek Kualuhhulu Ipda Eko Sanjaya, Selasa malam (27/7/2021). "Korban yang meninggal dunia masih dilakukan hetting pada luka bacok oleh pihak medis di kamar observasi UGD," ujarnya.

Selain itu para ulama berikut sahabat menjenguk korban di RSUD Aek kanopan. Sementara motif pembacokan yang mengakibatkan meninggalnya Ketua MUI Labura itu masih didalami pihak kepolisian.

Sebelumnya, Kapolsek Kualuh Hulu AKP Sahrial Sirait mengatakan, peristiwa tersebut terjadi di Gunting Saga pada Selasa (27/7) sore, sekitar pukul 18.00 WIB.

Mengenai motifnya, Sahrial mengatakan masih dalam penyelidikan. Ustaz Aminnur Rasyid diserang saat sedang mengendarai sepeda motornya. Akibat serangan tersebut, tubuhnya sampai terperosok ke dalam parit dalam posisi bersujud. Selain itu, pergelangan tangan korban putus.

Dalam rekaman video, saksi mata di lokasi kejadian menyebut pelaku pembacokan telah melarikan diri. Pelaku disebut-sebut berinisial A.***