PEKANBARU - PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah II Pekanbaru bersuka cita menyongsong usia Pegadaian ke-120 tahun. Bersamaan dengan momentum ini, Pegadaian berencana akan bekerjasama dengan empat gubernur yang ada di wilayah kerjanya, untuk melakukan edukasi, sosialisasi, serta meningkatkan literasi produk Tabungan Emas.

GoRiau Pimpinan Wilayah II Pegadaian,
Pimpinan Wilayah II Pegadaian, Maryono (kanan).

Pimpinan Wilayah II Pegadaian, Maryono mengatakan bahwa tahun ini perseroan tidak hanya mendorong kebangkitan bisnis dari pandemi, tetapi juga menjadi momen meningkatkan nilai sosial bagi masyarakat di wilayah operasi perusahaan.

GoRiau
"Selain produk gadai serta pembiayaan kendaraan, kami akan meningkatkan edukasi, literasi, dan sosialisasi produk Tabungan Emas. Untuk itu kami akan menggandang dan bekerjasama dengan 4 gubernur di wilayah operasi," kata Maryono di kantornya, Kamis (1/4/2021).

Dia merincikan empat gubernur dimaksud yaitu Gubernur Riau, lalu Sumatra Barat, Kepulauan Riau, dan juga kemungkinan Jambi.

Menurut data perseroan, jumlah rekening Tabungan Emas di wilayah tersebut sepanjang 2020 lalu mencapai 340.095 rekening, atau mengalami kenaikan sebesar 49,40 persen bila dibandingkan periode sama di 2019 yang sebanyak 227.643 rekening.

Maryono memaparkan program kerjasama ini akan dituangkan dalam nota kesepahaman atau memorandum of understanding antara Pegadaian Kanwil II Pekanbaru dengan tiap Pemprov, untuk kegiatan literasi produk Tabungan Emas kepada semua aparatur sipil negara masing-masing daerah. Menurutnya pemilihan produk tersebut sebagai materi literasi, karena investasi emas adalah jenis simpanan yang mampu bertahan di masa krisis, termasuk di masa pandemi Covid-19.

Selain dengan pemprov, Pegadaian juga akan menyasar instansi vertikal lainnya seperti kantor wilayah departemen, dinas-dinas, serta sesama pelaku industri jasa keuangan lainnya.

"Beberapa diantaranya seperti kanwil Beacukai, serta perusahaan IJK lainnya yang menjadi sasaran kami untuk edukasi dan literasi berbagai produk Pegadaian," ujarnya. ***