RENGAT, GORIAU.COM - PT Mitra Agung Swadaya (MAS) yang bergerak di bidang pabrik kelapa sawit menggelar sunatan massal dan pembagian sembako gratis bagi warga kurang mampu yang berasal dari empat desa di sekitar lokasi perusahaan, Rabu (25/12/2013). Acara digelar di halaman kantor PT MAS, Desa Sungai Golang, Kecamatan Kelayang, Indragiri Hulu, Riau.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program coorporate social responsibility (CSR) sekaligus bentuk komitmen PT MAS terhadap masyarakat tempatan. ''PT MAS baru beroperasi sejak tanggal 1 Mei 2013 lalu. Meski baru sekitar delapan bulan beroperasi, tetapi kami telah berkomitmen untuk peduli terhadap masyarakat sekitar melalui berbagai program CSR,'' ujar Manajer PT MAS, Edi Kusno didampingi Kepala Tata Usaha, Armadi disela-sela kegiatan.

Dijelaskan Armedi, kegiatan sunatan massal dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Inhu. Peserta sunatan massal itu sebanyak 37 anak dari keluarga kurang mampu yang berasal dari Desa Koto Medan, Simpang Kota Medan, Sungai Kuning Binio dan Sungai Golang Kecamatan Kelayang.

Sedangkan untuk pembagian sembako, PT MAS menyediakan 350 paket yang terdiri dari beras, minyak goreng dan gula. Paket sembako tersebut diberikan secara gratis untuk keluarga kurang mampu yang telah didata sebelumnya oleh kepala desa dan tokoh masyarakat setempat.

''Kegiatan sunatan massal ini sengaja kami laksanakan bertepatan dengan libur sekolah, sehingga tidak menganggu aktivitas belajar mengajar peserta sunatan massal. Peserta sunatan massal juga memperoleh sarung serta peci sebagai hadiah,'' jelasnya.

Selain sunatan massal dan pembagian sembako gratis untuk keluarga kurang mampu, PT MAS pada hari Raya Idul Adha lalu juga memberikan bantuan berupa dua ekor hewan kurban untuk empat desa yang ada di sekitar pabrik.

''Harapan kami, dengan berbagai kegiatan ini, keberadaan perusahaan dapat memberikan manfaat serta nilai tambah bagi masyarakat tempatan, selain memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat,'' jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sungai Kuning Binio, Mahyudin mengucapkan terimakasih kepada manajeman PT MAS yang telah peduli dan memberikan perhatian terhadap masyarakatnya. Mahyudin juga berharap kepedulian PT MAS dapat terus berlanjut dalam bentuk kegiatan lainnya.

''Untuk kegiatan sunatan massal, ada lima warga kami yang ikut. Sedangkan untuk pemberian sembako gratis, ada 51 warga kami yang menerimanya. Mudah-mudahan kegiatan ini mampu memberikan manfaat bagi masyarakat,'' jelasnya. (jef)