PEKANBARU - Tim relawan Covid-19 mahasiswa Universitas Riau (Unri) yang tergabung dalam Satuan Gugus Tugas Covid-19 Unri membagikan baju hazmat dan face shield ke beberapa instansi kesehatan salah satunya di Klinik Mercy yang beralamat di Jalan HR Soebrantas Nomor 24 Panam, Simpang Baru, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Riau.

Penyerahan bantuan alat pelindung diri (APD) ini dilaksanakan pada Selasa (23/6/2020) kemarin. Yang mana, kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Riau, Prof Dr Iwantono, MPhil yang disiarkan secara online melalui aplikasi zoom. Serta diikuti oleh beberapa kelompok mahasiswa yang ditugaskan di beberapa titik, yakni Klinik Mercy Pekanbaru, Puskesmas Tampan, Rumah Sakit Jiwa Tampan dan RSUD Arifin Achmad.

Dalam arahannya, Prof Dr Iwantono, MPhil menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian Unri dalam merespon pemberlakuan new normal.

GoRiau

"Apa yang kami lakukan hanya sebagai kecil dari upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Indonesia yang merupakan hasil sumbangsih dari donatur dan alumni Unri. Selain itu, yang terpenting adalah instansi kesehatan wajib memberlakukan protokol kesehatan Covid-19, seperti mencuci tangan setiap masuk dan keluar rumah sakit atau klinik, serta selalu menjaga jarak," kata Iwantono.

Sementara itu, Supriyati Sinaga, S.Farm.APT selaku perwakilan dari Klinik Mercy mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada donatur, civitas akademika Unri serta tim mahasiswa relawan yang ikut dalam kegiatan ini.

"Kami selaku tim medis dari Klinik Mercy sangat berterima kasih atas pemberian baju hazmat dan face shield ini. InsyaAllah akan kami manfaatkan sebaik mungkin dan kami harapkan dengan pembagian ini membuat para tenaga medis di klinik lebih aman dalam menangani pasien yang berkemungkinan terpapar Covid-19," kata Supriyati. (rls)