PEKANBARU - Pawai Budaya Festival Lancang Kuning di Provinsi Riau berlangsung semarak diikuti 12 kabupaten/kota di Riau. Mereka terlihat saling berkreasi menghias mobil pawai dengan seni ciri khas kebudayaan Melayu yang ada di wilayahnya masing-masing.

Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman pun sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, iven semacam ini harus terus didorong. Apa lagi iven ini dilengkapi dengan beberapa acara seminar-seminar yang mengundang pelaku budaya dan seniman dari berbagai negara yang punya kesamaan kebudayaan dengan Riau.

"Tentu kita berharap dari iven pawai dan seminar ini, maka akan makin banyak pula lah pengetahuan saudara-saudara kita tentang potensi kebudayaan Melayu," kata pria yang akrab disapa Andi Rachman ini ketika diwawancara GoRiau.com usai melepas pawai budaya di Taman Budaya Provinsi Riau, Jumat (24/11/2017).

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Riau, Yoserizal Zein memaparkan, bahwa iven pawai budaya ini merupakan kegiatan kali kedua yang pernah diselenggarakan di Riau.

"Pawai budaya memang sudah dua kali dilaksanakan, tetapi ini merupakan yang pertama diselenggarakan oleh dinas kebudayaan sejak dinas ini berdiri," ungkap Yose.***