PEKANBARU - Jelang pelantikan Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Ma'aruf Amin di Gedung DPR RI, Jakarta, Minggu (20/10/2019), citra satelit Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pukul 06.00 WIB, menunjukkan hotspot atau titik panas di Provinsi Riau nihil.

Nihilnya hotspot di Bumi Lancang Kuning, disebabkan hampir seluruh wilayah Riau diguyur hujan semalam. Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sukisno mengatakan, hotspot dengan tingkat kepercayaan diatas 70 persen di Riau nihil.

"Sementara tingkat kepercayaan diatas 50 persen, hotspot masih terpantau di Provinsi Sumatera Selatan 146 hotspot, Lampung 32 hotspot, Jambi 16 hotspot dan di Riau 1 hotspot (Kabupaten Kepulauan Meranti)," kata Sukisno kepada GoRiau.com.

Berdasarkan prakirawan BMKG, cuaca di Riau pagi ini cerah berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian Kabupaten Pelalawan, Bengkalis dan Kepulauan Meranti. Terjadi penurunan jarak pandang yang disebabkan partikel kecil seperti haze (embun) dan hujan.

"Siang nanti cerah berawan hingga berawan. Sore hingga malam diperkirakan berawan dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang hampir di sebagian besar wilayah Riau," ungkapnya.

BMKG juga memperingatkan masyarakat untuk mewaspadai P potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang terjadi pada sore atau malam hari terutama di Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi dan Rokan Hulu. ***