TELUKKUANTAN – Pacu jalur di Tepian Nyiur Melambai, Kecamatan Cerenti dimulai pada hari ini. Ini adalah iven resmi yang diagendakan dalam kalender pariwisata Kuantan Singingi (Kuansing), Riau tahun 2023.

Pada iven ini, Pemkab Kuansing menganggarkan Rp87,5 juta untuk hadiahnya. Selain itu, Pemkab Kuansing juga menganggarkan untuk bantuan pelaksanaannya.

Hadiah utama berupa uang tunai senilai Rp17 juta untuk juara I. Juara II Rp15 juta, juara III Rp13 juta, juara IV Rp11 juta. Juara V Rp9,5 juta, juara VI Rp7,5 juta, juara VII Rp5,5 juta, juara VIII Rp3 juta, juara IX Rp3 juta dan juara X Rp3 juta.

Menurut Azhar Ali, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kuansing, total anggaran untuk operasional pelaksanaan pacu jalur di Kecamatan Cerenti sebanyak Rp200 juta.

"Itu sudah masuk uang tunggu jalur bagi jalur yang ikut," ujar Azhar, Kamis (16/3/2023) di Telukkuantan.

Azhar mengakui anggaran tersebut belum cair. Menurutnya, sesuai ketentuan, kegiatan tersebut harus berjalan terlebih dahulu.

"Kegiatan ini harus berjalan lebih dulu. Seperti makan minum, itu baru bisa diproses setelah acara pembukaan selesai," ujar Azhar.

Kendati demikian, Azhar akan berupaya untuk semaksimal mungkin untuk mengajukan proses pencairan, tentunya sesuai dengan aturan yang berlaku.

Meski disediakan hadiah puluhan juta, ternyata pacu jalur Cerenti sepi peminat. Hanya ada 25 jalur yang mendaftar. Jalur-jalur ini akan berpacu selama tiga hari, 17-19 Maret 2023.

Iven pacu jalur Cerenti akan dibuka secara langsung oleh Plt Bupati Kuansing, Suhardiman Amby.***