PEKANBARU - Partai Nasdem mengklaim partainya menang banyak di Pilkada Serentak Riau. Pasalnya di 9 Pilkada, 8 Pasangan yang diusung Nasdem, 6 diantaranya diyakini akan menjadi pemenang.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu Nasdem Riau, Dedi Harianto Lubis mengatakan, kemenangan tersebut terungkap berdasarkan penghitungan suara data C1 dari saksi, yang dikumpulkan oleh tim pemenangan pasangan calon.

Masing - masing DPD Nasdem di seluruh kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada, ujar Dedi, terlibat langsung dalam proses penghitungan di posko tim pemenangan kabupaten/kota.

"Hingga 10 Desember 2020 malam pukul 00.30 WIB, 6 Pasangan Calon yang diusung Partai NasDem bersama partai koalisi lainnya berhasil menang," kata Dedi kepada GoRiau.com, kamis pagi (10/12/2020).

6 daerah tersebut adalah Bengkalis, Siak, Dumai, Indragiri Hulu, Rohil dan Rohul.

Di Bengkalis, pasangan Kasmarni - Bagus Santoso menang dengan raihan suara 91.217 suara, di Siak pasangan Alfedri - Husni Merza meraih 101.142 Suara, dan di Dumai pasangan Paisal - Amris berhasil meraih 42.305.

Sedangkan di Indragiri Hulu, pasangan Rezyta - Junaidi Rahmad berhasil meraih 50.400 suara, di Rokan Hilir pasangan Afrizal Sulaiman yang meraih 92.646 suara, Rokan Hulu Sukiman - Indra Gunawan berhasil meraih 92.323 suara.

"Semua itu bersumber dari real count tim pemenangan yang didapat dari saksi-saksi TPS. Sampai saat ini ada data yang sudah masuk diatas 95  %-100%. Sehingga kita yakin nantinya hasil rekap KPU dengan real count kita tidak akan jauh berbeda," ujarnya.

Dedi juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat di 9 kabupaten/kota yang sudah berpartisipasi dengan menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada ini, karena menggunakan hak pilih adalah merupakan tanggung jawab sebagai warga negara.

"Karena suara masyarakat adalah penentu siapa pemimpin roda pemerintahan di masing-masing daerah. Pilkada kali ini berjalan lancar serta aman, membuktikan tingkat kedewasaan masyarakat dalam berdemokrasi semakin baik," tuturnya.

Sebagai informasi, Pilkada Serentak ini Nasdem mengusung 8 Paslon, sedangkan 1 Paslon lagi Nasdem hanya mendukung, karena Nasdem tidak memiliki kursi di DPRD Pelalawan.

"Partai NasDem kali ini bisa dikatakan menang banyak pada Pilkada Serentak Riau, karena dari 8 yang kita usung dan 1 yang kita dukung, 6 menjadi pemenang, semoga ini merupakan suatu kebangkitan bagi Partai NasDem di Riau, karena dibanding partai yang lain, yang kita usung lebih banyak menjadi pemenang," tutupnya. ***