SERANG – Nama Ustaz Abdul Somad muncul sebagai cawapres untuk Pilpres 2024 dalam Musyawarah Rakyat (Musra) yang digelar di Serang, Minggu (20/11/2022).

Nama Ustaz Abdul Somad itu diusulkan dari Musra Riau untuk mengikuti kontestasi politik di 2024 sebagai Cawapres.

Dewan Pengarah Musra, Andi Gani mengatakan, nama-nama yang diusulkan dalam Musyra bentuk demokratis yang transparan demi membawa bangsa lebih baik.

Menurutnya, beragam latar belakang tokoh yang diusulkan di daerah-daerah, termasuk dari kalangan penceramah seperti Ustaz Abdul Somad sebagai cawapres, kalau di Riau muncul, ini wujud kebebasan berekspresi.

"Bahkan kalau di Riau, Ustaz Abdul Somad dicalonkan sebagai calon Wakil Presiden, itu namanya masyarakat bebas berekspresi," katanya, Senin (21/11/2022).

Kendati, nama Sandiaga Uno lebih dominan dalam Musra di tujuh daerah yang telah dilaksanakan, tokoh lain juga muncul seperti Mahfud MD, Arsjad Rasjid.

"Cawapresnya itu nomor satu Pak Sandiaga Uno, ada Arsjad Rasyid Ketua Umum Kadin, ada Mahfud MD," ungkapnya.

Ia menyebutkan, nama-nama yang diusulkan akan dipilih dan diputuskan pada Musyra pamungkas di Jakarta pada Februari 2023 mendatang.

"Ada dua bursa Presiden dari 1 sampai 10 (yang diumumkan), dan cawapres 1 sampai 10. Jadi hasil puncak di Jakarta pertengahan Februari dihadiri pak Jokowi," tutupnya. ***