SELATPANJANG - Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau yang ingin mendapat pelayanan kesehatan prima di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) maupun Puskesmas setempat, karena mulai hari ini Senin (2/8/2021) masyarakat di kabupaten bungsu di Riau itu sudah dapat berobat gratis cukup menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Peresmian pelayanan kesehatan gratis cukup menggunakan KTP langsung dilakukan oleh Bupati Adil dengan mencoba berobat menggunakan KTP-nya di RSUD Kepulauan Meranti, Senin (2/8/2021).

Turut hadir Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, Dr H Kamsol MM, Kepala Dinas Kesehatan, dr H Misri Hasanto Mkes, Kadisdukcapil, Ramdan, Plt Kasatpol PP, Piskot Ginting, Kabag Prokopim, Rudi MH, Plt Direktur RSUD Meranti, Fajar Triasmoko ST MT dan jajaran, serta pejabat lainnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Adil mencoba berobat di RSUD dengan mendaftar menggunakan KTP, selanjutnya data pasien diinput oleh petugas pendaftaran sesuai dengan keluhan dan layanan yang ingin didapat. Tak lama berselang kurang lebih 1 menitan proses pendaftaran selesai dan Bupati Adil langsung dibawa menuju ruang perawatan untuk cek up kesehatan. Saat cek kesehatan Bupati Adil menilai pelayanan yang dilakukan oleh RSUD Meranti cukup baik ditandai dengan kelengkapan alat dan tenaga dokter yang memadai.

Terkait proses pendaftaran pasien untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di RSUD Meranti seperti dikatakan Fajar, tidak memakan waktu lama cukup 1 menitan hal itu didukung oleh aplikasi IT yang udah diterapkan oleh RSUD Meranti.

"Untuk proses pendaftaran tak lama cukup 1 menit selesai," ujar Fajar.

Proses pendaftaran cepat ini sesuai dengan keinginan Bupati Adil yang meminta seluruh proses pendaftaran pasien di RSUD maupun Puskesmas harus memanfaatkan IT. Disamping cepat juga dapat menghemat kertas yang selama ini digunakan untuk pemberkasan.

"Kita mau untuk proses pendaftaran pasien sedapat mungkin tidak menggunakan kertas lagi tapi cukup diinput melalui komputer, disamping cepat juga hemat biaya kertas," ucapnya lagi.

Seperti diketahui, Launching berobat gratis cukup dengan menggunakan KTP, ini merupakan implementasi dari Program Strategis H Muhammad Adil-H Asmar yaitu 'Ketuk Pintu Layani dengan Hati' khusus bidang kesehatan.

Untuk mensukseskannya diakui Kepala Dinas Kesehatan Meranti, dr H Misri Hasanto beserta jajaran telah melakukan persiapan jauh hari, mulai dari menjalin koordinasi dengan BPJS Kesehatan Cabang Dumai, rapat koordinasi pihak Dinkes, BPJS dan seluruh Kepala UPT Puskesmas.

"Bahkan kami telah melakukan simulasi di Puskesmas dengan menjalankan aplikasi berobat cukup dengan input data KTP," jelas Misri.

Dan yang tak kalah penting pihaknya dikatakan Misri juga telah melakukan MoU dengan Disdukcapil kabupaten Kepulauan Meranti, agar tidak ada kendala lagi bagi masyarakat yang ingin berobat di RSUD maupun di seluruh UPT Puskesmas se-kabupaten Kepulauan Meranti dengan menggunakan KTP.

Pada kesempatan itu, Bupati Adil memberikan apresiasi yang tinggi kepada pihak RSUD dan Dinkes atas terselenggaranya berobat dengan menggunakan KTP Meranti ini, hal ini dimaksudkan untuk memangkas Birokrasi administrasi yang selama ini menggunakan pola SKTM yang dianggap berbelit-belit.

Hebatnya lagi dikatakan Misri, untuk pendaftaran berobat dapat dilakukan dari rumah melalui WhatsApp (WA) handphone masyarakat.

"Jadi sekarang berobat di UPT Puskesmas mendaftarnya bisa melalui handphone," ujar dr Misri.

Kata Misri pula, bagi masyarakat yang ingin berobat dengan kasus gawat darurat, tak perlu bawa apa-apa karena UGD yang ada di Puskesmas maupun di RSUD akan langsung melayani.

"KTP serta surat rujukannya boleh menyusul kemudian," pungkasnya.

Sekedar informasi, saat ini untuk pelayanan berobat gratis di Puskesmas masih menggunakan Aplikasi Primary Care (P Care) BPJS. Sementara RSUD Meranti telah menggunakan Aplikasi khusus SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit). Kedepan kedua aplikasi ini akan disinkronkan sehingga proses pendaftaran dan rujukan pasien dapat lebih mudah dan cepat.***